SANU, Jayanti Iwan (2017) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Amarasi Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
File Abstrak.pdf Download (506kB) |
|
Text
File Bab I.pdf Download (341kB) |
|
Text
File BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
|
Text
File BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) |
|
Text
File BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
|
Text
File BAB V.pdf Download (349kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Amarasi Barat. Pendekatan inkuiri merupakan suatu teknik atau strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk merangsang peserta didik untuk lebih aktif mencari, meneliti serta menemukan sendiri pemecahan masalah tentang pengetahuan yang sedang dipelajari. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar dan kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Amarasi Barat. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan kemampuan identifikasi variabel dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Amarasi Barat. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar dan kemampuan identifikasi variabel dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Amarasi Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Amarsi Barat tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan lembar angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, lembar observasi presentasi, lembar observasi portofolio dan THB proses untuk aspek ketrampilan (KI 4), lembar angket motivasi belajar dan soal tes kemampuan identifikasi variabel. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Amarasi Barat tahun pelajaran 2016/2017. (2a) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan korelasi pearson product moment (r) 0.476 yang masuk dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan memberi kontribusi sebesar 23%. (2b) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan identifikasi variabel dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan korelasi pearson product moment (r) 0.462 yang masuk dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan memberi kontribusi sebesar 21%. (2c) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan identifikasi variabel peserta didik dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyanggadengan korelasi 0.54 yang masuk dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan memberi kontribusi sebesar 29.16%. (3a) Ada pengaruh motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan persamaan regresi yang diperoleh (3b) Ada pengaruh kemampuan identifikasi variabel yang signifikan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan persamaan regresi yang diperoleh. (3c) Ada pengaruh motivasi belajar dan kemampuan identifikasi variabel peserta didik yang signifikan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan nilai regresi 0.512 dan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 26.19% dengan persamaan regresi a b
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Kemampuan Identifikasi Variabel, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 03:15 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 03:15 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9193 |
Actions (login required)
View Item |