HINDARTO, Antonius (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Pokok Keanekaragaman Hayati Di SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (23kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) |
Abstract
Standar Proses Pendidikan (SPP) memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam implementasi SPP, guru merupakan komponen yang sangat penting sebab keberhasilan pelaksanaan proses pendidikan sangat tergantung pada guru sebagai ujung tombak. Untuk itu, guru harus cerdas dalam menentukan suatu model dan pendekatan yang sesuai dan mampu untuk menciptakan situasi dan kondisi kelas yang kondusif agar proses pembelajaran dapat berlangsung sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Numbered Heads Together (NHT). Pada pendekatan NHT, setiap siswa memiliki satu nomor dan guru dapat menunjuk siswa dengan nomor tertentu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Cara ini merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan tanggung jawab individu dalam diskusi kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok keanekaragaman hayati di SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X A . Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitiannya adalah: (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu dari pemberian Tes Hasil Belajar mencapai 90 (2) Ketuntasan klasikal 100% (3) Rerata proporsi indikator 0,90 (4) Sensitivitas butir soal 0,77 (5) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 97,73 (6) Skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,81 (7) Reliabilitas instrumen aktivitas guru 99,36. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X materi pokok keanekaragaman hayati di SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Keanekaragaman Hayati. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 00:17 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 00:17 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9488 |
Actions (login required)
View Item |