JEHARUT, Rolisonia Rona Kecima (2017) Pengaruh Kemampuan Penalaran Dan Kejujuran Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Siswa Kelas Xi IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
COVER BARU.pdf Download (557kB) |
|
Text
BAB I ROLY.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (324kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pendapat Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperanan secara aktif di dalam belajar di kelas. Untuk itu Bruner memakai cara dengan apa yang disebutnya discovery learning. Prosedur ini mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, baik itu mengenai konsepkonsep maupun prinsip-prinsip. Guru mendorong peserta didik agar terlibat dalam pembelajaran yang memberikan pengalaman sehingga peserta didik menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana kejujuran siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (4) Adakah hubungan kemampuan penalaran dan kejujuran siswa terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/ 2017? (5) Adakah pengaruh kemampuan penalaran dan kejujuran siswa terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian ini (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (3) Untuk mengetahui kejujuran siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (4) Untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran dan kejujuran terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam siswa ke XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (5) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan kejujuran terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (2) Kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang berada pada kategori sangat unggul dengan skor rata-rata tes kemampuan penalaran sebesar 75 atau nilai tes kemampuan penalaran 650 (3) Kejujuran siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 5 Kupang berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata tes kejujuran sebesar 72,62 (4) Ada hubungan antara kemampuan penalaran dan kejujuran terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,86 (5) Ada pengaruh antara kemampuan penalaran dan kejujuran terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan persamaan garis regresi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 00:37 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 00:37 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9504 |
Actions (login required)
View Item |