YOSEP, Matias Dua Kalu (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Negeri 1 Atadei Kabupaten Lembata Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (24kB) |
Abstract
Permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masih rendahnya mutu pendidikan di setiap jenjang dan satuan pendidikan. Ini dibuktikan dengan adanya laporan dari UNESCO tahun 2000 tentang Human Development Index (HDI) dan laporan dari The World Ekonomic Forum tahun 2000 yang mengatakan bahwa Indonesia memiliki daya saing yang rendah. sehubungan dengan itu, mutu pendidikan di Negara kita harus dikaji dan jika perlu diubah dimulai dari kegiatan belajar mengajar di jenjang pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Untuk itu, proses belajar mengajar tampaknya menghendaki pergeseran peran guru sebagai fasilitator atau mediator yang kreatif dalam proses pengajaran. Model-model pembelajaran tentunya perlu dikembangkan sehingga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan taraf belajar siswa. Salah satu model pembelajarannya adalah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Think-Pair-Share. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif TPS di SMP Negeri 1 Atadei Kab. Lembata Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA. Berdasarkan analisis hasil belajar, dapat diketahui bahwa; Rata-rata hasil belajar siswa pada Pretest dan Posttest masing-masing 32.92% dan 81.25% yang mana sesuai dengan acuan Depdiknas dan SKM SMP Negeri 1 Atadei Kabupaten Lembata, semua siswa berhasil tuntas; rata-rata peningkatannya 48.33; Ketuntasan klasikal 100%; serta ketuntasan Indikator dan sensitivitas butir soalnya masing-masing 0.87 dan 0.48; Ratarata penilaian kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran pendekatan TPS adalah sangat baik yaitu 3.63 serta reliabilitas rata-ratanya adalah 98%; Reliabilitas rata-rata instrumen aktivitas siswa 95.91%; Sementara itu, respon siswa terhadap model pembelajaran pendekatan TPS, hanya 4 siswa yang mengatakan tidak senang. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Negeri 1 Atadei Kabupaten Lembata Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think-Pair-Share (TPS), Hasil Belajar siswa, Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 05:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 05:35 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9609 |
Actions (login required)
View Item |