Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Yang Diajarkan Pada Jam Awal Pelajaran Dan Jam Akhir Pelajaran Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Taebenu Sub Pokok Bahasan Bilangan Bulat Tahun Ajaran 2014/2015

BATE, Mariana (2014) Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Yang Diajarkan Pada Jam Awal Pelajaran Dan Jam Akhir Pelajaran Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Taebenu Sub Pokok Bahasan Bilangan Bulat Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)

Abstract

Waktu pembelajaran matematika di SMP Negeri I Taebenu dilaksanakan di jam awal dan jam akhir pelajaran. Berdasarkan hal ini peneliti ingin mengetahui ada atau tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajarkan pada jam awal pelajaran dan jam akhir pelajaran siswa kelas VII SMP Negeri I Taebenu sub pokok bahasan bilangan bulat tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : perbedaan prestasi belajar matematika yang diajarkan pada jam awal pelajaran dan jam akhir pelajaran siswa kelas VII SMP Negeri I Taebenu sub pokok bahasan bilangan bulat tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitan eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester I SMP Negeri 1 Taebenu yang terbagi dalam enam Kelas. Desain yang digunakan dala penelitian ini” Randomized Control Group Pretest and Posttest Design” yaitu menempatkan subjek penelitian dalam dua kelompok dengan kategori kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan menggunakan cara Simple Random Sampling (acak) untuk memilih anggota kelompok (kelas). Pada kelas eksperimen yang diajarkan pada jam awal pelajaran dan kelas kontrol dengan jam akhir pelajaran dengan diberi pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen (jam awal pelajaran) dan kelas VIIF sebagai kelas kontrol (jam akhir pelajaran) yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajarkan pada jam awal pelajaran dan jam akhir pelajaran siswa kelas VII SMP Negeri I Taebenu sub pokok bahasan bilangan bulat . Hal ini terbukti dari nilai kesamaan rata-rata siswa sebelum diberi perlakuan yaitu ttabel= 2,010635 > thitung= 0,660. Nilai rata-rata setelah diberi perlakuan yaitu ttabel = 2,010635 < thitung= 7.528. Berarti nilai kesamaan rata-rata setelah diberi perlakuan lebih besar dari nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan. Nilai rata-rata setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen adalah 83,6 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 62,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajarkan pada jam awal pelajaran dan jam akhir pelajaran siswa kelas VII SMP Negeri I Taebenu sub pokok bahasan bilangan bulat tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,peneliti menyarankan kepada: guru untuk memperhatikan teknik dalam mengajar pada waktu yang berbeda, para siswa agar lebih mempersiapkan diri sebelum mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:57
Last Modified: 25 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9761

Actions (login required)

View Item View Item