Pengaruh Harga, Promosi Kreatif Dan Emosi Positif Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Toko Subasuka Kupang

MENDONCA, Yuta Maria Susana (2018) Pengaruh Harga, Promosi Kreatif Dan Emosi Positif Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Toko Subasuka Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (441kB)

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi, persaingan bisnis di dunia semakin meningkat dan ketat. Hal ini dapat dilihat dengan adanya persaingan antar perusahaan dalam mendapatkan konsumen. Jika konsumen loyal terhadap produk atau selalu menggunakan produk perusahaan, maka perusahaan tersebut dikatakan memiliki keunggulan bersaing. Toko Subasuka Kupang merupakan salah satu toko yang terkenal di Kota Kupang dan dikenal dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak. Namun banyaknya bermunculan toko – toko baru menyebabkan jumlah pengunjung menurun. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi konsumen tentang harga, promosi kreatif, dan emosi positif dan gambaran tentang keunggulan bersaing pada Toko Subasuka Kupang? 2) Apakah harga, promosi kreatif, dan emosi positif secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Toko Subasuka Kupang? 3) Apakah harga, promosi kreatif, dan emosi positif secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Toko Subasuka Kupang? Penelitian dilakukan di Toko Subasuka Kupang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 responden, dengan menggunakan teknik aksidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS statistic version 16. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel harga 90,04%, variabel promosi kreatif 90,21%, variabel emosi positif 90,74%, dan variabel keunggulan bersaing 90,18%, sehingga hasil analisis deskriptif dari semua variabel, dikategorikan sangat baik. Hasil analisis linear berganda menunjukkan bahwa variabel harga (X1) dengan nilai β 0,431, promosi kreatif (X2) dengan nilai β 0,288, dan emosi positif (X3) dengan nilai β 0,289 berpengaruh terhadap keunggulan bersaing (Y). Hasil uji t menunjukkan variabel harga, promosi kreatif dan emosi positif secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil uji F menunjukkan variabel harga, promosi kreatif dan emosi positif secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil Koefisien determinasi adalah 0,786 atau 78,60%, artinya 78,60% keunggulan bersaing merupakan kontribusi dari harga,promosi kreatif, dan emosi positif sedangkan sisanya 21,40% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Perusahaan sebaikknya melalukan terobosan baru, dan inovasi – inovasi yang sangat menarik dan selalu memperbaiki diri,sehingga bisa bersaing dengan toko lainnya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga, promosi kreatif, emosi positif, keunggulan bersaing.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:29
Last Modified: 08 Nov 2022 02:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9932

Actions (login required)

View Item View Item