Pengaruh Kemampuan Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2016/2017

HAMU, Mariana L. (2017) Pengaruh Kemampuan Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (926kB)

Abstract

Kemampuan keterampilan sosial adalah kemampuan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan serta dapat menyesuaikan diri dengan aturan dan norma yang berlaku, sedangkan kemampuan berpikir kritis adalah pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya atau dilakukan. Pendekatan saintifik adalah pendekatan dalam proses pembelajaran dimana siswa di ajak mengamati suatu obyek yang akan di pelajari dan diberikan kesempatan untuk membuat pertanyaan–pertanyaan yang timbul dari hasil pengamatannya, kemudian siswa diberikan keleluasaan untuk melakukan percobaan dengan pengalaman keilmuan yang dimilikinya serta mengelolah hasil dari percobaan yang dilakukan, juga diharapkan siswa mampu untuk menyajikan serta menarik kesimpulan dari apa yang telah dipelajari, selain itu siswa juga dapat menciptakan sesuatu yang dikumpulkan dari fakta –fakta keilmuan yang dimiliki. Masalah umum dari skripsi ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2016/2017? Apakah ada hubungan kemampuan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2016/2017? Apakah ada pengaruh kemampuan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2016/2017, mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2016/2017, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik(2) Lembar pengamatan sikap spritual dan sikap sosial (3) Lembar Tes Hasil Belajar Siswa (4) Lembar pengamatan psikomotor, portofolio, presentase, dan THB proses (5) Angket keterampilan sosial dan THB berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik, dengan skor 3,89 dan reliabilitas 97% (2) ketuntasan indikator hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dinyatakan tuntas, dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,88, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,83, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,84, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,88, ketuntasan indikator kognitif 0,88, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor 0,93, ketuntasan indikator THB proses 0,90, ketuntasan presentase 0,88, ketuntasan portofolio 0,93 (3) ketuntasan hasil belajar KI-1 91, KI-2 87,02, KI-3 83, KI-4 88. (4) a. Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial (dengan instrument angket) dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai rX1y = 0,95, Ada hubungan yang signifikan antara berpikir kritis (dengan instrument tes) dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai rX2y = 0,81, b. Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial dan berpikir kritis dengan hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai dari = 0,95. (5) a. Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan sosial terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Ŷ = 61,48 +0,339, b. Ada pengaruh yang signifikan antara berpikir kritis terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Ŷ = 75,98 + 0,17, c. Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan sosial dan berpikir kritis terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai persamaan regresi ganda = 51,75 + 0,36 + 0,095. Pendekatan saintifik dapat diterapkan pada materi pokok laju reaksi untuk siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Bepikir Kritis. Pendekatan Saintifik dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:52
Last Modified: 11 Nov 2022 06:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10016

Actions (login required)

View Item View Item