Hubungan Antara Pemanfaatan Waktu Belajar Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 13 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

INDAH, Maria Diana (2017) Hubungan Antara Pemanfaatan Waktu Belajar Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 13 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)

Abstract

Judul skripsi: Hubungan antara Pemanfaatan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 13 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara pemanfaatan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 13 Kupang tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 13 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 13 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penelitian adalah studi dokumen dan wawancara tertulis. Alat pengumpulan data adalah lembar studi dokumen dan angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dari Person. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) pemanfaatan waktu belajar di rumah dan variabel terikat (Y) prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pemanfaatan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa tahun pelajaran 2016/2017, yang dibuktikan dengan rhitung (0,272) ≤ rtabel (0,496), pada taraf kepercayaan 1% dengan derajat kebebasan = N-2= 28-2=26. Berdasarkan kaidah analisis, apabila rhitung ≤ rtabel maka hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pemanfaatan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 13 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) yang berbunyi: Tidak ada hubungan antara pemanfaatan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa diterima; sedangkan hipotesis alternatif ( Ha ) yang berbunyi: Ada hubungan antara pemanfaatan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pemanfaatan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 13 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala sekolah, agar dapat meningkatkan kerjasama dengan seluruh personil sekolah guna membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memperhatikan faktor lain selain pemanfaatan waktu belajar di rumah. b) Wali Kelas, agar dapat mengontrol dan mendorong siswa untuk tetap bersemangat mengikuti pelajaran-pelajaran di kelas. c) Guru BK, agar dapat membangun kerjasama yang baik dengan semua personil sekolah dan orang tua untuk mengontrol dan mendorong siswa agar siswa lebih giat dan tekun dalam belajar sehingga siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang lebih baik lagi. d) Orang Tua, diharapkan agar orang tua tetap membimbing dan mengontrol waktu belajar siswa di rumah, sehingga minat belajar siswa semakin tinggi. e) Siswa, diharapkan agar siswa lebih bersemangat dalam belajar sehingga dapat memperoleh prestasi belajar yang lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:13
Last Modified: 16 Nov 2022 08:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item