Penerapan Pembelajaran Solmisasi Dalam Melatih Paduan Suara Melalui Metode Solfeggio Pada SMP Negeri 13 Kupang

MONNY, Alexander M. (2013) Penerapan Pembelajaran Solmisasi Dalam Melatih Paduan Suara Melalui Metode Solfeggio Pada SMP Negeri 13 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran solmisasi dalam melatih paduan suara melalui metode Solfeggio pada SMP Negeri 13 Kupang? Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pembelajaran solmisasi dalam melatih paduan suara melalui metode Solfeggio pada SMP Negeri 13 Kupang. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode Solfeggio yang bertujuan untuk melatih para anggota paduan suara dalam membaca notasi angka khususnya lompatan-lomatan nada dan nada-nada kromatis. Paduan suara merupakan kegiatan ekstrakurikuler maka metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan, jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Untuk memperoleh data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode solfegio mampu mempercepat proses latihan karena para anggota paduan suara dapat lebih mudah untuk dibimbing dalam membaca notasi angka khususnya lompatan-lompatan nada dan nada-nada kromatis yang ada pada teks lagu yang akan dinyanyikan. Paduan suara sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler pada SMP Negeri 13 Kupang yang diprogramkan dalam rangka mengembangkan minat dan bakat siswa dalam berolah vokal dan menanamkan kepekaan seni pada diri peserta anggota paduan suara. Dengan adanya penerapan metode solfeggio ini anggota paduan suara dapat membaca notasi angka melalui pembelajaran solmisasi. Dengan demikian mereka dapat bernyanyi dengan baik dan benar dalam membidik lompatan lompatan nada dan nada-nada kromatis. Setelah metode solfeggio ini diterapkan, paduan suara ini telah memiliki kualitas yang cukup baik dan meningkat. Kualitas yang dicapai paduan suara ini juga ditentukan oleh proses pembelajaran yang terprogram yang diawali dari proses perekrutan, pelatihan yang teratur melalui proses pemanasan, pengenalan lagu, teknik bernyanyi dan interpretasi lagu. Proses ini dilakukan dengan baik karena didukung oleh seluruh komponen sekolah baik kepala sekolah, guru-guru, sarana berupa alat musik, ruang dan waktu yang tersedia sehingga paduan suara ini dapat bernyanyi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Solmisasi, Paduan Suara, Solfeggio.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 01 Dec 2022 05:50
Last Modified: 01 Dec 2022 05:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item