Pengaruh Minat Arcs Dalam Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Ikatan Kimia Siswa Kelas Xc SMAN 1 Solor Barat Tahun Ajaran 2013/2014

KEBAN, Roswita H. (2013) Pengaruh Minat Arcs Dalam Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Ikatan Kimia Siswa Kelas Xc SMAN 1 Solor Barat Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan model pengajaran di mana siswa belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompok, setiap anggota saling kerjasama dan membantu untuk memahami suatu bahan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dikembangkan berdasarkan teori belajar kooperatif kontruktivis. Hal ini terlihat pada salah satu teori Vigostky yakni fase mental yang lebih tinggi yang pada umumnya muncul pada percakapan atau kerjasama antar individu sebelum fungsi mental yang lebih tinggi terserap dalam individu tersebut. Implikasi dari teori Vigstky dikehendaki susunan kelas terbentuk kooperatif. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok ikatan kimi siswa kelas XC SMAN 1 Solor Barat? (2) Apakah terdapat hubungan minat siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran kooperatif pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas XC SMAN 1 Solor Barat? (3) Apakah terdapat pengaruh minat siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran kooperatif materi pokok ikatan kimia siswa kelas XC SMAN 1 Solor Barat?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran kooperatif pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas XC SMAN 1 Solor Barat. (2) Mengetahui apakah terdapat hubungan minat siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran kooperatif materi pokok ikatan kimia siswa kelas XC SMAN 1 Solor Barat. (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh minat siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran kooperatif matri pokok ikatan kimia siswa kelas XC SMAN 1 Solor Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Solor Barat dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XC SMAN 1 Solor Baratl tahun ajaran 2013/2014. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari analisis data diperoleh: (1) a. Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pelaksanaan pembelajaran dalam pembelajaran kooperatif dikatakan baik dengan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 3,91, dan persentasi reliabilitas yang diperoleh sebesar 99,01%. b. Ketuntasan indikator kognitif dikatakan tuntas dengan proporsi indikator yang diperoleh sebesar 0,89, dan proporsi ketuntasan hasil belajarnya sebesar 0,86. c. Ketuntasan indikator hasil belajar afektif dikatakan tuntas dengan proporsi indikator yang diperoleh sebesar 0,86, dan proporsi ketuntasan hasil belajarnya sebesar 0,86.d Ketuntasan indikator hasil belajar psikomotor dikatakan tuntas dengan proporsi indikator yang diperoleh sebesar 1,00, dan proporsi ketuntasan hasil belajarnya sebesar 1,00. Hasil belajar keseluruhan dikatakan tuntas dengan proporsi yang diperoleh sebesar 0,89 . e. minat siswa terhadap kegiatan pembelajaran umumnya baik dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 80,05% yang berada pada rentangan 81%-100% yaitu pada kategori kuat. (2) Berdasarkan perhitungan diperoleh Rxy = 0,60, besar sumbangan variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 36,% dan Ttabel = 1,339, karena Thitung ≥ Ttabel yaitu 5 ,152 ≥ 1,339, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan minat siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran kooperatif, ini artinya minat siswa mempunyai peranan penting dalam menentukan hasil belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh minat siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran kooperatif dimana Fhitung ≥ Ftabel, yaitu 15,46 ≥ 5,949 pada dk = 1 dan dk = 34 pada taraf signifikan 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:03
Last Modified: 01 Dec 2022 07:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10401

Actions (login required)

View Item View Item