Upaya Meningkatkan Kemampuan Bermain Musik Ansambel Pianika dalam Memainkan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa dengan Menggunakan Teknik Pembelajaran Penjarian Pada Siswa-Siswi SMP Negeri 1 Kupang Timur dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning”.

PARUNG, Yohanes Ridhoi (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bermain Musik Ansambel Pianika dalam Memainkan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa dengan Menggunakan Teknik Pembelajaran Penjarian Pada Siswa-Siswi SMP Negeri 1 Kupang Timur dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning”. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (22kB)

Abstract

Pembelajaran seni musik khususnya dalam upaya meningkatkan kemampuan bermain musik ansambel pianika dengan lagu model (Satu Nusa Satu Bangsa) ciptaan Liberty Manik melalui metode pembelajaran Coopertive Learning pada kelompok ansambel musik pianika siswa-siswi SMP Negeri 1 Kupang Timur ini, dapat dikatakan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal bermain pianika serta membentuk kepribadian peserta didik terutama dari segi minat dan bakatnya. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya peningkatan kemampuan bermain alat musik pianika pada kelompok ansambel pianika SMP Negeri 1 Kupang Timur dengan menggunakan metode cooperative learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatan kemampuan bermain alat musik pianika pada kelompok ansambel pianika SMP Negeri 1 Kupang Timur dengan lagu model Satu Nusa Satu Bangsa menggunakan metode cooperative learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan bermain alat musik pianika pada kelompok ansambel pianika siswa-siswi SMP Negeri 1 Kupang Timur, dilakukan melalui tahap-tahap yaitu tahap awal yang difokuskan pada perkenalan, penentuan jadwal, penjelasan materi yang akan diajarkan serta maksud dan tujuan penelitian. Tahap inti peneliti melaksanakannya dalam tiga pertemuan, yang difokuskan pada pembelajaran teknik dasar bermain alat music pianika dan latihan penjarian, latihan cantus firmus lagu Satu Nusa Satu Bangsa sesuai aturan penjarian yang telah dilatih pada pertemuan pertama, dan pembagian kelompok pianika menjadi dua kelompok. Tahap akhir peneliti melaksanakan tahap pemantapan memainkan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dalam bentuk pementasan kecil kelompok ansambel pianika. Peningkatan kemampuan bermain alat musik pianika membawa sedikit perubahan pada cara belajar siswa di sekolah tersebut serta memberikan pengetahuan baru tentang teknik bermain pianika. Serta melalui beberapa metode ini diharapkan dapat membantu guru mata pelajaran seni budaya dalam memberikan materi pada siswa-siswi agar dapat menjadi bekal pengetahuan dihari esok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pianika, Metode Cooperative Learning, Ansambel, lagu model
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:24
Last Modified: 12 Dec 2022 01:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10576

Actions (login required)

View Item View Item