Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Kalor Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Angkasa Penfui Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016

AEK, Anna Irma (2016) Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Kalor Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Angkasa Penfui Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)

Abstract

Model pembelajaran langsung merupakan salah satu model pembelajaran yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan bertahap, selangkah demi selangkah. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana Aktivitas belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapan model pembelajaran langsung materi kalor pada peserta didik kelasVII A SMP Angkasa Kupang? dan secara terperinci masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII SMP Angkasa Kupang? (2) Bagaimana Ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang? (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang? (4) Adakah hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar dalam menerapkan model pembelajaran langsung pada materi pokok kalor peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang? (5) Adakah pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang? Tujuan umum dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan aktivias peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang dan secara terperinci tujuan dari penelitian ini adalah (1) kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang (2) Ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII A SMP Angkasa (3) ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang (4) adanya hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang. (5) ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang yang berjumlah 30 orang dan guru (peneliti). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket, sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengelolaan pembelajaran langsung, THB dan lembar angket aktivitas peserta didik. Hasil analisis deskriptif kauntitatif, data penelitian secara umum menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung materi pokok Kalor pada peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Kupang yang berjumlah 30 orang adalah baik. Secara terperinci hasil analisis data adalah sebagai berikut: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung adalah baik, dengan skor rata-rata perencanaan pembelajaran untuk ketiga RPP 3.97, pelaksanaan pembelajaran untuk ketiga RPP 3.76 dan evaluasi pembelajaran untuk ketiga RPP 3.82 (2) Indikator hasil belajar kognitif peserta didik yang terdiri dari 7 indikator secara keseluruhan adalah tuntas, dengan skor rata-rata 0.84. indikator hasil belajar afektif peserta didik yang terdiri dari 8 indikator adalah tuntas, dengan skor rata-rata 0.88 dan indikator hasil belajar psikomotor peserta didik yang terdiri dari 4 indikator adalah tuntas, dengan skor rata-rata 0.85 (3) Hasil belajar kognitif yang diperoleh peserta didik secara keseluruhan adalah tuntas,dengan peningkatan 0.48 Hasil belajar afektif yang diperoleh peserta didik secara keseluruhan adalah tuntas dengan skor rata-rata xvii 0.88 dan Hasil belajar psikomotor yang diperoleh peserta didik secara keseluruhan adalah tuntas dengan skor rata-rata 0.86 dan (4) Aktivitas peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan perhitungan yang diperolah Ryx = 3.103, besar sumbangan variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 25.6% dan Ttabel = 2.048 karena Titung Ttabel yaitu 3.103 2.048, aktivitas peserta didik mempunyai peranan penting dalam menentukan hasil belajar peserta didik. Terdapat pengaruh aktivitas peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran langsung dimana Fhitung Ftabel yaitu 9.629 4,20 pada dk =1 dan dk = 28 pada taraf signifikan 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Model Pembelajaran Langsung dan Kalor
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:28
Last Modified: 12 Dec 2022 01:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10582

Actions (login required)

View Item View Item