Pelatihan Teknik Aba-Aba Dasar Mendireksi Lagu Pada Siswa-Siswi SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Melalui Metode Drill Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler

BOLAR, Yohanes (2015) Pelatihan Teknik Aba-Aba Dasar Mendireksi Lagu Pada Siswa-Siswi SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Melalui Metode Drill Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)

Abstract

Pada dasarnya kemampuan teknik membirama sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang dalam memimpin sebuah paduan suara. Siswa-siswi SMPK Adisucipto Penfui-Kupang tertentu pernah dipercayakan mendireksi lagu Mengheningkan Cipta berbirama 4/4 namun belum sepenuhnya tepat sehingga perlu dilatih. Atas dasar inilah peneliti malakukan penelitian dengan judul ―Pelatihan Teknik Aba-aba Dasar Mendireksi Lagu pada siswa-siswi SMPK Adisucipto penfui-kupang melalui metode drill sebagai kegiatan ekstrakurikuler‖. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah Pelatihan teknik abaaba dasar mendireksi lagu pada siswa-siswi SMPK Adisucipto Penfui-Kupang menggunakan metode drill sebagai kegiatan ekstrakurikuler?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelatihan teknik-teknik mendireksi lagu pada siswa-siswi SMPK Adisucipto Penfui-Kupang menggunakan metode drill sebagai kegiatan ekstrakulikuler. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik studi Pustaka dan studi lapangan.Studi pustaka berkaitan dengan sumber-sumber yang berkaitan dengan sumber-sumber tertulis mengenai teknik aba-aba dalam mendireksi. Studi lapangan berkaitan erat dengan data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan pembahasan pada Bab sebelumnya maka dapat disimpulkan motode Drill efektif dalam pelatihan teknik aba-aba dasar mendireksi lagu pada SMPK Adisucipto Penfui Kupang melalui metode drill sebagai kegiatan ekstrakurikuler ditempuh melalui langkah-langkah yang dimulai dari Merekrut siswa yang pernah dipercayakan mendireksi namun dalam praktek merndireksi masih melakukan kesalahan, memperkenalkan lagu mengheningkan cipta agar lebih memahami lagu yang dinyanyikan, mengetes para peserta untuk mengetahui kekurangan mereka dalam membirama, memberikan pemahaman mengenai teknik aba-aba, melatih teknik aba-aba berbirama 4/4 mulai dari sikap berdiri gerakan awal (insetting) saat memulai lagu sampai saat melakukan gerakan akhir sebagai penutup lagu, menerapkan teknik berbirama 4/4 sebagai aplikasi pelatihan teknik yang dipraktekkan sebelumnya pada lagu Mengheningkan Cipta dan menangani berbagai kesulitan yang dialami oleh anak-anak dengan cara dibimbing secara individual yang dilakukan secara berulang-ulang sampai mereka benar-benar menguasai teknik berbirama 4/4 pada lagu mengheningkan cipta secara tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mendireksi, smp, birama 4/4, lagu, metode drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:27
Last Modified: 12 Dec 2022 01:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10680

Actions (login required)

View Item View Item