Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pokok Kalor dan Perpindahan Pada Peserta Didik Kelas VII J SMP Negeri 1 Kupang Tengah Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016

ALUNPAH, Megawati Suryana K. (2016) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pokok Kalor dan Perpindahan Pada Peserta Didik Kelas VII J SMP Negeri 1 Kupang Tengah Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (726kB)

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran yang model pembelajaran yang berdasar pada masalah-masalah yang dialami peserta dididk terkait dengan kompetensi dasar yang sedang dipelajari peserta didik. Motivasi adalah daya penggerak dari dalam dan di dalam subjek untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok kalor dan perpindahan pada peserta didik kelas VII J SMP Negeri 1 Kupang Tengah Semester genap tahun ajaran 2015/2016? Masalah selanjutnya adalah bagaimana motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran dan dan adakah pengaruh motivasi belajar terhadap pembelajaran? Berdasarkan hasil observasi , dalam proses pembelajatan masih menerapkan metode ceramah sehingga terlihat masih ada beberapa peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Salah satu faktor kurangnya partisipasi peserta didik karena rendahnya motivasi belajar. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan pembelajaran berbasis masalah materi pokok kalor dan perpindahan pada peserta didik kelas VII J SMP Negeri 1 Kupang Tengah Semester genap tahun ajaran 2015/2016. Mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok kalor dan perpindahan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri1 Kupang Tengah semster genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan asosiatif serta subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII J SMP Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang dan guru (peneliti). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),), Kisi-Kisi dan Tes Hasil Belajar (THB). Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran dan Tes Hasil Belajar (THB) . Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok kalor dan perpindahan pada peserta didik kelas VII J SMP Negeri 1 Kupang Tengah semseter genap tahun ajaran 2015/2016 yang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Indikator Hasil Belajar yang disiapkan semuanya tuntas. Hasil belajar fisika peserta didik pada umumnya tuntas dengan kategori baik. Motivasi belajar peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berada dalam kategori kuat dimana = 49,414 + 0,468X dan thitung > tTabel (5,604 > 2,048). Koefisien regresi variabel X (motivasi belajar) sebesar 0,468 artinya variabel motivasi belajar peserta didik berpengaruh terhadap variabel Y (Hasil Belajar siswa) sebesar 0,468.Uji t digunakan untuk menguji kevalidan persamaan regersi sederhana. Pada Tabel coefficients ditunjukkan bahwa nilai thitung = 5,604. Karena derajat kebebasan adalah 5%, dan diuji dua arah maka didapatkan tTabel = 2,048. Berdasarkan kaidah pengujian thitung > tTabel (5,604 > 2,048) maka H0 ditolak dan dapat diputuskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar. Sehingga dapat disimpulakan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan, salah satu faktor meningkatnya motivasi belajar adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dimana pada model pembelajaran ini peserta didik diasah kemampuan berpikir kritis. Selain itu pada model pembelajaran berbasis masalah ini berdasar pada masalah-masalah yang dialami peserta didik dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik lebih mudah untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Motivasi, Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:27
Last Modified: 19 Dec 2022 01:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10729

Actions (login required)

View Item View Item