Pengaruh Sikap Responsif Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Dengan Menerapkan Pendekatan Penemuan (Discovery Learning) Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MAKO, Emiliana (2019) Pengaruh Sikap Responsif Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Dengan Menerapkan Pendekatan Penemuan (Discovery Learning) Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (75kB)

Abstract

Sikap responsif adalah cepat merespon, bersifat menanggapi, tegugah hati, bersifat memberi tanggapan (dalam hal ini orang tersebut aktif dan tidak masa bodoh dengan apa yang sedang terjadi). Jadi sikap responsif itu sendiri merupakan kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Masalah umum dari skripsi ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan penemuan discovery learning pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019? Adakah hubungan sikap responsif dan sikap sosialterhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan penemuan discovery learning pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa kelas XSMK Negeri2Kupang tahun ajaran2018/2019?.Adakah pengaruh sikap responsif dan sikap sosial terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan penemuan discovery learning pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa kelas X SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan penemuan discovery learning pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa kelas XSMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran2015/2016, mengetahui ada tidaknya hubungan sikap responsif dan sikap sosial terhadap hasil belajar dan mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap responsif dan sikap sosial terhadap hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan pengelolaan Pembelajaran Pendekatan penemuan discovery learning (2) Lembar pengamatan sikap spritual dan sikap sosial (3) Lembar Tes Hasil Belajar Siswa (4) Lembar pengamatan psikomotor, portofolio, presentase, dan THB proses (5) THB sikap responsif, dan sikap sosial sosial. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik, dengan skor 3,9 dan reliabilitas 97% (2) ketuntasan indikator hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan penemuan discovery learningdinyatakan tuntas, dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,84, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,87, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,90, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,85, ketuntasan indikator kognitif 0,93, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor 0,88, ketuntasan indikator THB proses 0,89, ketuntasan presentase 0,87, ketuntasan portofolio 0,86 (3) ketuntasan hasil belajar KI-1 86,05, KI-2 88,32, KI-3 89,30, KI-4 87,00. (4) a. Ada hubungan yang signifikan antara sikap responsif (dengan instrument tes) dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai rX1y = 0,589, Ada hubungan yang signifikan antara sikap sosial(dengan instrument angket) dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai rX2y = 0,73, b. Ada hubungan yang signifikan antara sikap responsif dan sikap sosial dengan hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai dari. (5) a. Ada pengaruh yang signifikan antara sikap responsif terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai b. Ada pengaruh yang signifikan antara sikap sosialterhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai c. Ada pengaruh yang signifikan antara sikap responsif dan sikap sosial terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai persamaan regresi ganda . Pendekatan penemuan discovery learning dapat diterapkan pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk siswa kelas X SMK NeSSgeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:00
Last Modified: 19 Dec 2022 04:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10740

Actions (login required)

View Item View Item