Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

HUMSIBU, Yermi (2016) Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (77kB)

Abstract

Kemampaun pemecahan masalah adalah proses menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya ke dalam situasi baru yang belum dikenal (Wardani dalam Hamiyah, 2014: 119) sedangkan Keterampilan proses pada hakikatnya adalah suatu pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang berfokus pada pelibatan peserta didik secara aktif dan kreatif dalam proses pemerolehan hasil belajar (Conny 1995), Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan pendekatan pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi peserta didik untuk bekerja (bukan hanya duduk mendengarkan lalu menulis) menemukan jawaban terhadap masalah yang dikemukakan oleh guru di bawah bimbingan yang intensif dari guru ( Anam, 2015: 17) Masalah umum dari skripsi ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI IPA 4 SMA N. 5 Kupang tahun pelajaran 2015/2016?. Adakah hubungan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses terhadap hasil belajar?. Adakah pengaruh kemapuan pemecahan masalah dan ketrampilan proses terhadap hasil belajar?Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI IPA 4 SMA N. 5 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses terhadap hasil belajar dan mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses terhadap hasil belajar. Instrument yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan pengelolaan Pembelajaran Pendekatan Inkuiri Terbimbing) (2) Lembar pengamatan sikap spritual dan sikap sosial (3) Lembar Tes Hasil Belajar Siswa (4) Lembar pengamatan psikomotor, portofolio, presentase, THB proses (5) THB Kemampuan pemecahan masalah dan angket THB Keterampilan Proses. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik, dengan skor 3,76 dan reliabilitas 94 %. (2) Ketuntasan indikator dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dinyatakan tuntas, dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,88, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,85, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,87, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,85, ketuntasan indikator kognitif 0,87, ketuntasan indikator keterampilan 0,85, THB proses 0,84 (3) ketuntasan hasil KI -1 87, KI – 2 86, KI- 3 87, KI – 4 86. (4) a. Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah (dengan instrument THB) dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai rX 1= 0,81, b. Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses (dengan instrumen THB) dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai rx2= 0,66, c. Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah (dengan instrumen THB) dan keterampilan proses (dengan instrumen THB) dengan hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai dari = 0,84. (5) a. Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah (THB) terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Ŷ = 47,98425 + 0,477 , b. Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan proses (THB) dengan hasil belajar ditunjuk dengan nilai Ŷ = 54,21 + 0,397. c. Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah (THB) dan keterampilan proses (THB) terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai persamaan regresi ganda = 45,280 + 0,317 + 0,193. Pendekatan Inkuiri Terbimbing dapat diterapkan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk peserta didik kelas XI IPA 4 SMA NEGERI 5 Kupang tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses, Inkuiri Terbimbing, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:26
Last Modified: 10 Jan 2023 06:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10817

Actions (login required)

View Item View Item