Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Peserta Didik Kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui- Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

DARUS, Maria Carmelita (2016) Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Peserta Didik Kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui- Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMAK Sint Carolus Penfui Kupang. Pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing merupakan salah satu pendekatan yang rangkaian kegiatan pembelajarannya menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui kemampuan numerik peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang. (3) Untuk mengetahui kemampuan verbal peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang. (4a) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang.(4b) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui Kupang. (4c) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan kemampuan verbal dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang. (5a) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang.(5b)Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kemampuan verbal dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang.(5c) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dan kemampuan verbal dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang .Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek keterampilan (KI 4), soal tes kemampuan numerik dan soal tes kemampuan verbal.Dari hasil analisis data diperoleh: (1) Pendekatan inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (2) Kemampuan numerik peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang sangat unggul dengan nilai kemampuan numerik TPA sebesar 643. (3) Kemampuan verbal peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang istimewa dengan nilai kemampuan verbal TPA sebesar 684. (4a) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y)=0,50 dan nilai thitung ≥ttabel (3,04 ≥ 2,048) (4b) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,649 dan thitungl≥ ttabel (14,42 ≥ 2,048).(4c) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan kemampuan verbal dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,66 dan nilai thitung≥ ttabel (10,42 ≥ 3,35).(5a) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik yang dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrolisis garam dengan persamaan regresi yang diperoleh Y=a+BX1=76,09+0,149 dan nilai F hitung ≥ F tabel (9,063≥ 3,35). (5b) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrolisis garam dengan persamaan regresi yang diperoleh Y=a+bX2=66,90+0,252X2 dan nilai Fhitung ≥ F tabel (20,34 ≥ 3,35) (5c) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrolisis garam dengan nilai regresi 0,665 dan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 44,22% dengan persamaan regresi y=a+b1X1+b2X2=66,29+0,055X1+0,209X2dan nilai F hitung ≥ F tabel (10,70 ≥ 3,35)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Jan 2023 23:51
Last Modified: 12 Jan 2023 23:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item View Item