Representasi Peran Ayah Penyandang Disabilitas Pada Film Miracle In Cell No.7 Melalui Tanda, Objek Dan Interpretant Menurut Charles Sanders Pierce

OBE, Venansia Petra Carolita (2023) Representasi Peran Ayah Penyandang Disabilitas Pada Film Miracle In Cell No.7 Melalui Tanda, Objek Dan Interpretant Menurut Charles Sanders Pierce. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai skripsi dengan judul “Representasi peran ayah penyandang disabilitas pada film miracle in cell no.7 menurut tanda,object, dan interpretant berdasarkan prespektif Charles Sanders Pierce. Film miracle in cell no.7 merupakan salah satu film yang sukses dengan banyak penonton pada tahun 2013 sampai sekarang, karena film ini merupakan salah satu film yang menceritakan mengenai perjuangan seorang penyandang disabilitas yang berusaha untuk mempertaruhkan kehidupan putrinya untuk kebahagiaan dan kesuksesan anaknya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis teks, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian studi dokumen dan observasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara trigulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliput menonton film, mengumpulkan scene, memilih scene, menafsirkan tanda (sign), acuan tanda (object), dan penggunaan tanda (interpretant), dan penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian, penulis menjelaskan deskripsi objek hasil penelitian,profil film, penokohan film, hasil studi dokumen dan observasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian peran ayah penyandang disabilitas di representasikan melalui tanda (sign) acuan tanda (object) dan penggunaan tanda (interpretant). Tanda (sign) pada film ini di tampilkan melalui scene dan dialog terdapat peran seorang ayah yang berkorban dan memperjuangkan kebahagiaan putrinya. Acuan tanda (object) dilihat melalui scene atau gambar yang menunjukan perjuangan seorang ayah untuk membahagiakan putrinya. Penggunaan tanda (interpretant) dilihat melalui scene dan dialog terlihat bahwa peran ayah disini berusaha memenuhi kebutuhan anaknya dengan bekerja keras walaupun memiliki kondisi yang tidak normal (disabilitas). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang di lakukan peneliti pada film miracle in cell no.7 menggunakan analisis semiotika Charle sanders pierce maka peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut, pada film miracle in cell no.7 menjelaskan tentang perjuangan seorang ayah penyandang disabilitas untuk kebutuhan dan kebahagiaan anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Film Miracle In cell no.7, Representasi, Disabilitas, Semiotika Charles Sanders Pierce
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Venansia Petra Carolita Obe
Date Deposited: 02 Feb 2023 00:16
Last Modified: 02 Feb 2023 00:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10998

Actions (login required)

View Item View Item