Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMPK Santi Karya Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

RIKA, Oktaviana (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMPK Santi Karya Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dalam kelompok kecil. Model pembelajaran berbasis masalah dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Siswa belum terlatih dalam menganalisis dan belum mampu memecahkan masalah dan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi yang diberikan oleh guru, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK Santi Karya Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPK Santi Karya Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian one group pretes-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa menunjukan rata-rata ketuntasan perindividu 87,17 dan secara klasikal 95,65%. Rata-rata ketuntasan proporsi indicator 0,84 dan sensitivitas butir soal 0,43 > 0,30(S) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,09 (reliable), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,6 (sangat baik) dan reliabilitas instrument 96,22 (reliable) Dengan memperhatikan permasalahan dalam penelitian, tujuan penelitian serta hasil dan pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK Santi Karya Kupang Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 08 Feb 2023 23:56
Last Modified: 08 Feb 2023 23:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11170

Actions (login required)

View Item View Item