MENDE, Melania Wati (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fotosintesis di Kelas VIII SMP Ki Hajar Dewantoro-Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (457kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (102kB) |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu bahwa banyak siswa yang kurang respon terhadap pelajaran atau materi yang disampaikan oleh guru. Kebanyakan siswa hanya duduk diam, terkesan siswa bosan dengan materi yang disampaikan. Siswa cenderung menerima apa saja yang disampaikan oleh guru dan itu berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, solusi yang menyelesaikan untuk mengatasi masalah tersebut adalah ditegaknya penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together. Hanya saja dalam konteks penelitian ini keefektifan Numbered Heads Together masih belum ada data yang meyakinkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fotosintesis kelas VIII di SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester II SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen,dengan desain penelitian one group pretes-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,tes,dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara individu berada pada kisaran antara 80 - 95, dan secara klasikal semua siswa dikatakan tuntas karena hasil belajar mereka mencapai rata-rata 87,5. Ketuntasan indikator hasil belajar berada pada kisaran 0,86 dan sensivitas butir soalnya berada pada kisaran 0,34. Rata-rata aktivitas siswa untuk RPP 01 dan 02 berada pada kisaran antara 90,84 – 94,8 sedangkan rata-rata reliabilitas instrumen aktivitas siswa adalah 98,5. Rata-rata reliabilitas instrumen pengelolaan pembelajaran adalah 98,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Pada materi pokok Fotosintesis dapat meningkat hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Ajaran 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Fotosintesis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 00:02 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 00:02 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11172 |
Actions (login required)
View Item |