Analisis Komunikasi Nonverbal Dalam Dansa Kijomba (Studi Kasus Pada Mahasiswa Timor Leste di Kos Hilda, Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang)

MARTINS, Gracelia Maria Soares (2023) Analisis Komunikasi Nonverbal Dalam Dansa Kijomba (Studi Kasus Pada Mahasiswa Timor Leste di Kos Hilda, Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (344kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Komunikasi Non Verbal dalam Dansa Kijomba (Studi Kasus pada Mahasiswa Timor Leste di Kos Hilda, Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang)” Dansa Kijomba menarik diteliti karena dalam berdansa terdapat pertukaran informasi dan komunikasi. Komunikasi Non Verbal yang terjadi antara pasangan dansa tersebut ditunjukan saat mereka berdansa. Komunikasi Nonverbal tersebut tersebut yaitu, Gestur tubuh, Sentuhan dan proxemik (Jarak). Penelitian ini menggunakan konsep Komunikasi., Komunikasi Nonverbal, dan Dansa. Metode penelitian studi kasus kualitatif, jenis penelitiannya Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan informan pada saat melakukan Dansa Kijomba, terdapat tiga jenis Komunikasi Nonverbal yang ditunjukan yaitu: Gestur tubuh, Sentuhan dan Proxemik (Jarak). Pada saat berdansa Gestur tubuh yang ditunjukan seperti Senyuman, gerakan tangan dan kaki yang sama saat berdansa. Sentuhan yang ditunjukan saat berdansa seperti tangan pria yang memegang pinggang wanita, sebaliknya tangan wanita yang memegang punggung laki-laki. Proxemik (Jarak) dalam berdansa juga terdapat dalam Dansa Kijomba seperti Jarak seorang wanita yang berdansa dengan teman atau pacarnya yang sangat dekat berbeda dengan berrdansa dengan orang yang baru dikenal. Berdasarkan hasil analisis pada Dansa Kijomba penulis melihat terdapat relasi atau hubungan antara hasil wawancara dengan observasi penulis di lapangan. para informan saat melakukan Dansa Kijomba mengunanakan tiga jenis komunikasi komunikasi non verbal yakni, Gestur tubuh, Sentuhan dan Proxemik (Jarak). Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan terdapat tiga jenis Komunikasi Nonverbal dalam Dansa Kijomba yaitu, Gestur tubuh, Sentuhan dan Proxemik (Jarak). Peneliti juga memberikan saran agar dalam berdansa harus bukan hanya sekedar hiburan melainkan sebagai sarana membangun relasi yang baik antara sesama baik dengan teman kita sendiri maupun dengan orang yang baru dikenal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi,Komunikasi Nonverbal, Dansa Kijomba, Mahasiswa Timor Leste
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Gracelia Maria Soares Martins
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:41
Last Modified: 08 Feb 2023 07:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11199

Actions (login required)

View Item View Item