Peran Ibu Dalam Melestarikan Budaya Menenun "Tais Soru" (Studi Komunikasi Budaya Pada Masyarakat Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka)

MALI, Caecilia Capriaty (2023) Peran Ibu Dalam Melestarikan Budaya Menenun "Tais Soru" (Studi Komunikasi Budaya Pada Masyarakat Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai skripsi dengan judul “Peran Ibu Dalam Melestarikan Budaya Menenun Tais Soru (Studi Komunikasi Budaya Pada Masyarakat Babulu, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka)”. Peran ibu dalam melestarikan budaya menenun Tais Soru, menarik untuk diteliti karena budaya menenun Tais Soru merupakan warisan para leluhur yang harus dilestarikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Hasil wawancara menunjukkan bahwa budaya menenun merupakan suatu proses penyaluran bakat atau hobby yang dituangkan kedalam motif-motif yang ada pada Tais Soru itu sendiri. Budaya menenun sudah diwariskan sejak turun temurun, selain digunakan untuk upacara adat hasil tenunan juga dapat dijual guna mencukupi kebutuhan ekonomi. Agar budaya menenun Tais Soru tetap ada, dan kelestariannya tetap terjaga peran para ibu sangat dibutuhkan untuk mengajarkan anak perempuan di Desa Babulu tentang teknik menenun. Berdasarkan hasil analisis pada peran ibu dalam melestarikan budaya menenun Tais Soru, yaitu budaya menenun Tais Soru masyarakat Babulu merupakan suatu tradisi yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh para ibu di Desa Babulu. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa budaya menenun Tais Soru merupakan budaya yang telah ada sejak dulu kala, yang dibuat secara tradisional dan digunakan untuk kepentingan adat istiadat. Saran dari penelitian ini adalah para ibu tetap menjadi agen untuk melestarikan budaya menenun Tais Soru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Budaya, Peran Ibu, Budaya Menenun Tais Soru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Caecilia Capriaty Mali
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:56
Last Modified: 08 Feb 2023 07:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item View Item