Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis di SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

YOVAN, Faldianus (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis di SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran; serta guru kurang membentuk siswa belajar dalam kelompok. Untuk mengatasi hal ini ,diharapkan guru menggunakan model pembelajaran yang yang berpusat pada siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan jigsaw. Dimana model pembelajaran ini menuntut siswa bekerja sama dalam dua kelompok kecil yaitu dalam kelompok asal dan dalam kelompok ahli. Sehingga siswa dapat saling membantu untuk memahami suatu topik pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok fotosintesis di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain one group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data adalah melalui test dan observasi; Dan data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) hasil belajar saiswa terjadi meningkat dari rata-rata 21,66 (pretest/U1) menjadi rata-rata 91,83 (posttest/U2). (ii) ketuntasan hasil belajar; semua siswa tuntas baik, dimana-rata-rata nilai hasil belajar siswa perindividu berkisar dari 80-100 (tuntas), dan secara klasikal tuntas 100 %. (iii) Rerata indikator 0,89 (tuntas), dan mempunyai efek dalam pembelajaran. (iv) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran tertinggi adalah mengerjakan LKS yaitu (15,42) kemudian dikuti oleh memperhatikan penjelasan teman yaitu 15,17; berdiskusi antara sesama teman 15,12; berada dalam kelompok 15,05; menulis hal-hal yang relevan dengan pembelajaran 14,46; berdiskusi antara siswa dengan guru 14,42; memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru 12,63. (v) Reliabilitas instrument aktivitas siswa 92,42 % (baik), (vi) reabilitas instrument kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 98% (baik). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok fotosintesis di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw, Fotosintesis, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 09 Feb 2023 00:19
Last Modified: 09 Feb 2023 00:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item