Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

KLAU, Adelfina Liuk (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran, siswa lebih cenderung menerima apa saja yang di sampaiakan oleh guru, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Salah satu solusi yang di tawarkan untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah Model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama di mana siswa belajar dalam kelompok- kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Membelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 6 Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi,Tes dan Dokumentasi. Waktu penelitian bulan Mei 2016, di sekolah SMA Negeri 6 Kupang dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis data hasil observasi, Analisis data hasil tes, Analisis ketuntasan , dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian statistik deskriptif Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa rerata ketuntasan individu hasil belajar siswa mencapai rata-rata 85,5%, dan secara klasikal semua siswa dikatakan tuntas karena tingkat ketuntasannya mencapai rata-rata 100%. Ketuntasan indikator hasil belajar berada pada kisaran 0,90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Numbered Heads Together, dan keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:02
Last Modified: 09 Feb 2023 01:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item