Uji Efektivitas Penerapan Modelpembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

LAUWANG, Asersius (2016) Uji Efektivitas Penerapan Modelpembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Pencemaran Lingkungan. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Team Assisted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi Pokok Pencemaran Lingkungan di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi Pokok Pencemaran Lingkungan di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK St. Yoseph Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII C. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, tuntas (84,25%) dan secara klasikal, tuntas (90%). Rarata indikator 0,85 (tuntas), dan 0,43 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,94 (baik), skor rarata guru dalam mengelola pembelajaran 3,70 (baik), dan reliabilitas instrumennya 96,82 (baik). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Team Assisted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi Pokok Pencemaran Lingkungan di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Team Assisted Individualization, hasil belajar, Pencemaran Lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:10
Last Modified: 09 Feb 2023 01:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11289

Actions (login required)

View Item View Item