Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Strategi Buzz Group Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sma Kelas X Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMA Efata Soe Tahun Ajaran 2015/2016

ATAUPAH, Yulianti N.I. (2015) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Strategi Buzz Group Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sma Kelas X Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMA Efata Soe Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAC.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi di SMA Efata Soe adalah hasil belajar IPA Biologi masih rendah.Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Kemungkinan besar metode pembelajaran belum tepat. Oleh karena itu ditawarkan solusi berupa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran diskusi kelas strategi Buzz Group. Tetapi terhadap materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup, apakah model pembelajaran diskusi kelas strategi Buzz Group juga efektif terhadap hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran diskusi kelas strategi Buzz Group pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan kelas X SMA Efata Soe pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Efata Soe. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Prettest – Posttest Design dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, 84,46 (Tuntas). Ketuntasan klasikal 89,29 %, Rerata indikator 0,84 (Tuntas), Sensivitas butir soal 0,53. Rerata Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 94,34 (Baik), sedangkan skor rerata Reliabilitas guru dalam mengelola pembelajaran 99,43 (Baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran diskusi kelas strategi Buzz Group efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Efata Soe pada materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Diskusi kelas strategi Buzz Group, Efektivitas, Klasifikasi makhluk hidup, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:57
Last Modified: 24 Feb 2023 07:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12009

Actions (login required)

View Item View Item