Pengaruh Penerapan Pendekatan Numbered Heads Together Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

MOLO, Bernadina Felisia (2015) Pengaruh Penerapan Pendekatan Numbered Heads Together Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Gerak pada Tumbuhan. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan pendekatan Numbered Heads Together (NHT) dalam model pembelajaran kooperatif pada materi pokok Gerak pada Tumbuhan berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Numbered Heads Together (NHT) dalam model pembelajaran kooperatif pada materi pokok Gerak Pada Tumbuhan terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015 ⁄ 2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Adhyaksa 2 Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Data di analisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa pada saat posttest lebih besar dari pada saat pretest (80,27 > 35,27) dengan peningkatan sebesar 45,27 (tuntas), dengan ketuntasan klasikalnya yaitu 94,44% (tuntas). Ketuntasan indikatornya (Tk ≥75) yaitu 0,81 (tuntas). Sensitivitas butir soal tuntas dan memiliki pengaruh dalam pembelajaran dengan reratanya yaitu 0,45>0,30. Reliabilitas aktivitas siswa 92,54 >75 (baik), sedangkan reliabilitas kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran adalah 98,69 (baik). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Numbered Heads Together dalam model pembelajaran kooperatif pada materi pokok Gerak pada Tumbuhan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Gerak Pada Tumbuhan, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:42
Last Modified: 28 Feb 2023 03:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item View Item