Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Pada Siswa Kelas VIII Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

SERAN, Serviana Luruk (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Pada Siswa Kelas VIII Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di sekolah merupakan kegiatan utama dalam proses pendidikan pada umumnya yang bertujuan membawa anak didik atau siswa menuju pada keadaan yang lebih baik. Masalah pokok pada penelitian ini adalah pembelajaran masih menggunakan pola lama sehingga sebagian besar siswa pasif dalam pembelajaran. Pembelajaran kooperatif adalah suatu strategi pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan think pair share. Pendekatan ini melibatkan siswa dalam mendalami materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi secara berpasangan dan membagi pengalaman mereka kepada teman-temannya didalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan think pair share terhadap hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII pada materi pokok gerak pada tumbuhan di SMP Negeri 9 Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa (87.91), dan secara klasikal (96.83%) tuntas. Rerata indikator 0.88 (tuntas) dan 0.49 (sensitif) ≥0.30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Rerata reabilitas instrumen aktivitas siswa 96,69% (baik), Sedangkan skor rerata reabilitas guru 97.5 % (baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share efektif terhadap hasil belajar IPA Biologi pada siswa kelas VIII pada materi pokok gerak pada tumbuhan di SMP Negeri 9 Kupang tahun ajarn 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, model pembelajaran kooperatif pendekatan Think pair share, hasil belajar siswa, materi pokok gerak pada tumbuhan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:32
Last Modified: 01 Mar 2023 03:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12123

Actions (login required)

View Item View Item