Upaya Memperkenalkan Permainan Musik Ansambel Sejenis Pianika Bagi Mahasiswa Semester 1 dengan Model Lagu Mai Ba To,Os Menggunakan Metode Imitasi dan Drill

MAU, Anggela Natalia (2021) Upaya Memperkenalkan Permainan Musik Ansambel Sejenis Pianika Bagi Mahasiswa Semester 1 dengan Model Lagu Mai Ba To,Os Menggunakan Metode Imitasi dan Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)

Abstract

Ansambel merupakan alat musik yang dimainkan secara bersama – sama dengan menggunakan berbagai jenis alat musik, dan memainkan aransamen sederhana. Kata ansambel berasal dari kata ensamble dan memiliki arti rombongan musik atau kelompok musik. Masalah pokok hasil penelitian ini adalah Bagaimana Upaya memperkenalkan permainan musik ansambel sejenis pianika bagi mahasiswa semester 1 dengan model lagu “Mai Ba To,os” dengan metode imitasi dan drill. berdasarkan masalah diatas, maka tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui, dan mendeskripsikan upaya memperkenalkan permainan musik ansambel sejenis pianika bagi mahasiswa semester 1 dengan model lagu “Mai Ba to,os” dengan metode imitasi dan drill. Sedangkan metode penelitian adalah metode tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ini dilakukan dalam beberapa langka, yaitu melalui pertemuan pertama, peneliti menjelaskan judul dan tujuan dari penelitian, serta menjelaskan musik ansambel sejenis pianika. Pertemmuan kedua latihan lagu 1. Pertemuan ke tiga peneliti meminta mereka untuk latihan lagu sesuai parti suara masing –masing. Pertemuan ke empat peneliti meminta mereka untuk mengulangi latihan pada pertemuan – pertemuan sebelumnya. Pertemuan ke lima peneliti meminta mereka untuk memainkan secara bersama – sama sesuai bunyi suara masing – masing. Pertemuan ke enam samua mahasiswa dapat mementaskan lagu “Mai Ba To,os” dan mengambil vidio. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan musik ansambel sejenis ini sangat berguna bagi mahasiswa semester 1 karna selain dalam latihan, dapat juga meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam memainkan musik. Dalam permainan musik ansambel banyak menjalani kesulitan namun hal tersebut dapat diatasi melalui metode Imitasi dan Drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ansambel, Sejenis Pianika, Metode Imitasi Drill Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Mar 2023 05:33
Last Modified: 02 Mar 2023 05:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12172

Actions (login required)

View Item View Item