Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

PERADA, Ignasia Delvisinta (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)

Abstract

Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran yaitu belum diterapkannya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sehingga sebagian besar peserta didik lebih memahami konsep dengan cara menghafal .berdasarkan pengamatan yang di lakukan oleh peneliti di SMP Angkasa Penfui Kupang penulis menemukan hasil Belajar peserta didik masih rendah salah satu untuk mengatasi masalah ini ialah dengan menerapkan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yaitu model Discovery learning Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok fotosintesis di SMP Angkasa Penfui Kupang Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VII SMP Angkasa Penfui Kupang dan sampel yang digunakan adalah kelas VII A dan kelas VII B. Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimental atau eksperimen semu dengan desain penelitian Nonquivalent pretes- postest Contol Group Design dan kemudian data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan analisis uji Anacova dan uji rata-rata dengan bantuan SPSS for Windows versi 16 dengan taraf signifikan 1% (0.01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai Rata- rata pretest 49,63 dan posttest 80,37037 sedang pada kelas kontrol dengan nilai Rata- rata pretest 39,231dan posttest 57,11538. Data hasil belajar menunjukkan baik kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi norml dan homogen. Uji hasil analisis Anacova menunjukaan bahwa nilai probabilitas (sig.) pada pretes sebelum diberi perlakuan adalah 0.006 dengan taraf signifikan ≤ 0.01 maka dalam hal ini dinyatakan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak sehingga hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model Discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik diterima Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh penerapan model Discovey learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok fotosintesis di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery learning, Hasil belajar peserta didik, Fotosintesis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:20
Last Modified: 02 Mar 2023 06:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12183

Actions (login required)

View Item View Item