Pembelajaran Ansambel Sejenis Pianika Dengan Model Lagu Auq Edang Ili Uyolewun Menggunakan Metode Drill Bagi Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

LEU, Yanuarius Faustus (2023) Pembelajaran Ansambel Sejenis Pianika Dengan Model Lagu Auq Edang Ili Uyolewun Menggunakan Metode Drill Bagi Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)

Abstract

Ansambel merupakan penyajian alat musik secara serentak pada metrum, ritme, melodi dan tonalitas yang berbeda. Ansambel dibagi atas dua jenis diantaranya ansambel campuran dan ansambel sejenis. Ansambel campuran adalah gabungan dari berbagai alat musik yang dimainkan secara bersama-sama. Sedangkan ansambel sejenis merupakan gabungan satu jenis alat musik yang dimainkan secara bersama-sama, contohnya alat musik sejenis adalah ansambel sejenis gitar dan ansambel sejenis pianika. Yang menjadi fokus tujuan dari penelitian ini yaitu pola pendistribusian jari dan memperkenalkan, serta menerapkan pola permain ansambel sejenis pianika melalui proses pembelajaran ansambel sejenis pianika dengan model lagu Auq Edang Ili Uyolewun menggunakan metode drill bagi mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode kualitatif atau penelitian tindakan lapangan ini digunakan oleh penulis untuk melihat atau mengamati proses latihan dan penulis terlibat langsung sebagai pelatih dalam mempelajari pembelajaran ansambel sejenis pianika. Hasil dari peneltian menunjukan bahwa proses pembelajaran berlangsung selama enam kali pertemuan yakni, pertemuan pertama memberikan materi ansambel sejenis pianika, pembagian masing-masing peran dalam permainan pianika, dan berlatih memainkan teknik tangga nada C natural serta etude-etude untuk mendukung proses awal bermain lagu. Pertemuan kedua memainkan bagian intoduction, pertemuan ketiga bermain verse atau bait lagu, pertemuan keempat memainkan bagian reffren pada lagu, pertemuan kelima memainkan bagian interlude dan coda lagu, dan pertemuan keenam pementasan hasil penelitian pada keseluruhan lagu yang dikemas dalam bentuk video. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan pada pertemuan keenam yakni pementasan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran ansambel sejenis pianika dengan model lagu Auq Edang Ili Uyolewun menggunakan metode drill bagi mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, bahwa selama proses ini berlangsung mahasiswa yang menjadi subjek penelitian mengalami kesulitan pada penjarian dan tempo. Namun dengan berbagai upaya peneliti dapat mengatasi masalah atau kesulitan yang dihadapi oleh masing-masing subjek penelitian menggunakan metode drill yakni berlatih secara berulang-ulang hingga mahasiswa mampu mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, dan mampu bermain lagu dengan teknik penjarian yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ansambel Sejenis, Pianika, Pendistribusian Jari, Drill, Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S. Pd Yanuarius Faustus Leu
Date Deposited: 09 Mar 2023 00:13
Last Modified: 09 Mar 2023 00:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item