Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Swasta Beringin Kupang Pokok Bahasan Operasi Hitung Pada Pecahan Tahun Ajaran 2013/2014

LANUS, Maria Yulsuriyati (2013) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Swasta Beringin Kupang Pokok Bahasan Operasi Hitung Pada Pecahan Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (56kB)

Abstract

Proses pembelajaran adalah suatu kegiatan interaktif antara siswa dengan guru dalam membentuk pengetahuan, mencari kejelasan, bersikap kritis dan mencari dasar pembenarannya demi terciptanya hasil belajar yang optimal. Untuk memberikan hasil belajar yang baik dan bermakna proses pembelajaran seharusnya merupakan suatu proses yang aktif dalam diri siswa untuk membentuk pengetahuannya Adapun terciptanya proses pembelajaran yang aktif dapat dilihat pada beberapa indikator yaitu adanya prakarsa siswa, ketertiban mental siswa, guru sebagai fasilitator, variasi metode dan media pembelajaran, terjadinya kualitas interaksi yang baik antara siswa dan guru sehingga dapat memperoleh pengalaman langsung dari proses yang dijalaninya Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa menerapkan konsep matematika tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Cara ini didasarkan atas pertimbangan bahwa tingkat keterlibatan siswa dalam interaksi pembelajaran ditentukan oleh metode yang tepat dalam proses pembelajaran Ada beberapa hal yang dianalisis didalam tulisan ini yaitu; kemampuan Guru dalam mengelolah pembelajaran yang setiap siklus mengalami peningkatan. Aktifitas siswa dari setiap siklus ke siklus yang berikutnya mengalami peningkatan. Tes hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal dari tes awal sampai tes akhir juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis dimana sudah mencapai kriteria yang diinginkan, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok operasi hitung pada pecahan berkategori baik dan efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 09 Mar 2023 05:44
Last Modified: 09 Mar 2023 05:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12357

Actions (login required)

View Item View Item