Analisis Komparasi Kinerja Keuangan Pada PT Semen Baturaja Dan PT Semen Indonesia Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) Periode 2017-2021

BANA, Eka Priskila (2023) Analisis Komparasi Kinerja Keuangan Pada PT Semen Baturaja Dan PT Semen Indonesia Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) Periode 2017-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)

Abstract

Eka Priskila Bana, NIM 32118068, Judul Skripsi “Analisis Komparasi Kinerja Keuangan Pada PT. Semen Baturaja dan PT. Semen Indonesia Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) Periode 2017-2021”. Dibawah bimbingan ibu Dr. Henny A. Manafe, SE, MM. selaku pembimbing 1 dan pak Stanis Man, SE, M.Si. selaku pembimbing 2. Tujuan dari penelitian adalah (1) gambaran kinerja keuangan PT. Semen Baturaja dan PT. Semen Indonesia dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) tahun 2017-2020, (2) Faktor-faktor apa yang membedakan kinerja PT. Semen Baturaja dan PT. Semen Indonesia selama tahun 2017-2021. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Dengan metode analisis yang digunakan yaitu metode Economic Value Added (EVA). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan perhitungan Economic Value Added (EVA) pada PT. Semen Baturaja tahun 2018-2021 dan PT. Semen Indonesia tahun 2021 EVA > 0 menunjukkan bahwa perusahaan mampu menambah nilai ekonomi dimana tingkat pengembalian laba operasi melebihi biaya modal sehingga berdampak baik bagi kinerja perusahaan. Namun pada PT. Semen Baturja tahun 2017 dan PT. Semen Indonesia tahun 2017-2020 EVA < 0 maka pada tahun tersebut tidak tejadi nilai tambah ekonomi pada perusahaan sehingga laba yang tersedia tidak bisa memenuhi harapan para penyandang dana dan berdampak kurang baik terhadap kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan Economic Value Added (EVA), menunjukan bahwa PT. Semen Baturaja memiliki nilai tambah ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan PT. Semen Indonesia. Hal yang membedakan kinerja keuangan kedua perusahaan adalah karena jumlah hutang yang dimiliki PT. Semen Baturaja lebih besar dari pada modal sendiri. Dari hasil penelitian, maka saran yang diberikan yaitu PT. Semen Baturaja dan PT. Semen Indonesia sebaiknya meningkatkan lagi kinerja keuangannya dan selalu melakukan analisis kinerja keuangan secara rutin untuk mengetahui perkembangan keuangan perusahaan setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, EVA.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Eka Priskila Bana
Date Deposited: 12 Mar 2023 23:45
Last Modified: 12 Mar 2023 23:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12361

Actions (login required)

View Item View Item