Faktor-Faktor Pengkonstruksian Realitas Media Televisi dalam Pemberitaan Figur Calon Presiden (Studi Kasus Peliputan Berita Kampanye Presiden 04 Juni 2014-05 Juli 2014 di Stasiun Televisi Nusa Tenggara Timur Referensi Sindo TV Kupang)

GUAL, Andreas Yoseph and SUNI, Adrianus Jefri (2015) Faktor-Faktor Pengkonstruksian Realitas Media Televisi dalam Pemberitaan Figur Calon Presiden (Studi Kasus Peliputan Berita Kampanye Presiden 04 Juni 2014-05 Juli 2014 di Stasiun Televisi Nusa Tenggara Timur Referensi Sindo TV Kupang). Project Report. Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Kupang. (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB VIII.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh munculnya ketidakseimbangan pemberitaan yang dilakukan oleh Sindo TV Kupang terhadap dua pasangan calon presiden Jokowi Kalla dan Prabowo Hatta dalam pemberitaan mereka di program acara " NTT Ini Hari". Ada kecenderungan kasat mata di mana media ini lebih peduli pada pasangan Prabowo Hatta. Hal ini masuk akal karena Sindo TV Kupang merupakan anak perusahan MNC Group yang pemiliknya adalah Harry Tanoesoedibjo yang dalam pilpres lalu mendukung pasangan Prabowo Hatta. Berdasarkan pemikiran ini muncul pertanyaan penelitian faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peliputan yang tidak seimbang demikian? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mengalami kekurangan karena Sindo TV Kupang sendiri tidak bersedia memberikan data dengan kata lain mereka menolak untuk penelitian ini dilakukan. Namun dengan argumentasi kontributor berita televisi ini seringkali berhubungan langsung dengan biro nasional maka penelitian ini dilanjutkan dengan menggunakan narasumber contributor Sindo TV Kupang. Penelitian menghasilkan jawaban bahwa kesenderungan Sindo TV Kupang cenderung mengistimewakan pasangan presiden dan wakil presiden Prabowo Hatta karena ada hubungan dengan dukunga yang diberikan pemilik media ini kepaa pasangan tersebut. Ketika ditarik lebih dalam lagi praktek tersebut didukung oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor dari dalam media itu sendiri meliputi empat hal yakni orientasi politik, instruksi khusus, latar belakang pengelola media dan tim liputan. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang datang dari luar media yang menyebabkan SIndo TV Kupang melakukan hal tersebut. Faktor eksternal meliputi sumber informasi, ideologi eksternal dan teknologi yang digunakan. Penelitian ini akhirnya memberi rekomendasi. Sarannya yakni (1) Media selalu menuntut institusi lain agar terbuka bagi public namun sebaliknya jika masyarakat menuntut media untuk transparan media cenderung paranoid. Ini yang dialami oleh peneliti ketika mengajukan proposal di Sindo TV Kupang. Sarannya, semua haruslah terbuka seperti tuntutannya sendiri bagi institusi lain termasuk Sindo TV Kupang. (2) Media memang tidak bisa netral dalam dunia yang penuh penyimpangan. Keberpihakan media seharusnya diarahkan untuk melayani kebenaran. Semua media seharusnya meyakini dan menghayati hal ini termasuk Sindo TV Kupang. (3) Semua media bergantung pada modal namun tidak harus berada di ketiak pemilik modal dan menjadi hamba pemiliknya. Pelayanan media seharusnya diarahkan bagi terwujudnya keberanara, kebaikan dan keadilan untuk semua anggota masyarakat tanpa pandang bulu. Hal ini juga seyogyanya dihayati oleh Sindo TV Kupang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username komunikasi1
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:56
Last Modified: 28 Mar 2023 07:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12402

Actions (login required)

View Item View Item