Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Pegawai Pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada

SOO, Kornelia (2023) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Pegawai Pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)

Abstract

Kornelia Soo (32118142) dengan judul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Pegawai Pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada”, dibawah bimbingan Ibu Anggraeny Paridy, SE, M.Si sebagai Pembimbing I dan Bapak Jou Sewa Adrianus, SE, MM sebagai Pembimbing II. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan dan data awal hasil pra penelitian pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui kinerja pegawai, komitmen pegawai, kepemimpinan dan lingkungan kerja pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada; 2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen pegawai pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada; 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen pegawai Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada; 4) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada; 5) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas PMD-P3A Kabuptaen Ngada; 6) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh komitmen pegawai terhadap kinerja pegawai Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada; 7) Untuk mengetahui apakah komitmen pegawai memediasi pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada. Penelitian ini dilakukan di Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada dengan populasi adalah seluruh pegawai Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada dengan Jumlahnya adalah 42 pegawai semua dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar langsung. Analisis data mengunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menggambarkan kinerja pegawai sebesar 53,21% dengan kategori cukup baik, variabel komitmen pegawai sebesar 52,93% dengan kategori cukup baik, variabel gaya kepemimpinan sebesar 52,566% dan variabel lingkungan kerja sebesar 52,44% dengan kategori cukup baik. Hasil analisis statistik inferensial dari data pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada menunjukan bahwa : 1). gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap komitmen pegawai. 2). lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen pegawai. 3). gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. 4). lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. 5). komitmen pegawai berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. 6). komitmen pegawai mampu memediasi gaya kepemimpinan terhadap kinerj pegawai. 7). komitmen pegawai mampu memediasi lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada pihak Dinas PMD-P3A Kabupaten Ngada untuk meningkatkan gaya kepemimpinan, lingkungan kerja dan komitmen pegawai dalam mempengaruhi kinerja pegawainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Komitmen Pegawai, Kinerja Pegawai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S. M Kornelia Soo
Date Deposited: 20 Mar 2023 23:29
Last Modified: 20 Mar 2023 23:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12417

Actions (login required)

View Item View Item