Pengaruh Citra Destinasi, Variasi Produk, Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Lokal Di Kawasan Wisata Pantai Lasiana Kota Kupang

DANDUNG, Yolanda Arni (2023) Pengaruh Citra Destinasi, Variasi Produk, Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Lokal Di Kawasan Wisata Pantai Lasiana Kota Kupang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDIRA KUPANG.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (255kB)

Abstract

Kawasan Wisata Pantai Lasiana menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berlibur di Kota Kupang, karena memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, akan tetapi dalam empat tahun terakhir ini dari tahun 2018-2021 kunjungan wisatawan mengalami fluktuasi. Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana persepsi wisatawan tentang Citra Destinasi, Variasi Produk, Fasilitas dan gambaran Minat Berkunjung Ulang wisatawan di Kawasan Wisata Pantai Lasiana Kota Kupang. (2). Apakah Citra Destinasi, Variasi Produk, dan Fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang di Kawasan Wisata Pantai Lasiana Kota Kupang. (3). Apakah Citra Destinasi, Variasi produk, dan Fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung di Kawasan Wisata Pantai Lasiana Kota Kupang. Penelitian dilakukkan di Kawasan Wisata Pantai Lasiana Kota Kupang, dengan populasi adalah Wisatawan Lokal yang telah melakukan Minat Berkunjung Ulang, di mana tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Sampel ditentukan dari jumlah indikator dan dikalikan 8, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 112 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Probality Sampling. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program IBM SPSS Statistic Version 26. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variable citra destinasi 77,83%, variasi produk 72,50%, fasilitas 77,77%, dan minat berkunjung ulang 77,02%, semua variabel tergolong baik. Hasil uji t menunjukkan variabel citra destinasi, variasi produk, dan variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang. Hasil Uji F menunjukkan variabel citra destinasi, variasi produk, dan variabel fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan menjelaskan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 72,9%, sedangkan sisanya sebesar 27,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada pengelola (Kelurahan Lasiana) Kawasan Wisata Pantai Lasiana Kota Kupang agar citra destinasi dapat ditingkatkan dengan objek Wisata yang menarik dan membuat Wisatawan merasa nyaman, sehingga Wisatawan dapat memilih variasi produk yang sesuai keinginan mereka ditambah dengan fasilitas yang menunjang, agar Wisatawan tidak memiliki keraguan untuk kembali berkunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citra Destinasi, Variasi Produk, Fasilitas, Minat Berkunjung Ulang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S. M Yolanda Arini Dandung
Date Deposited: 27 Apr 2023 00:55
Last Modified: 27 Apr 2023 00:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12509

Actions (login required)

View Item View Item