Analisis Karakteristik dan Fasilitas Perlengkapan Jalan Di Kawasan Pendidikan (Studi Kasus: SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, dan SMKN 2 Kupang)

NINO, Gualberto Felix (2023) Analisis Karakteristik dan Fasilitas Perlengkapan Jalan Di Kawasan Pendidikan (Studi Kasus: SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, dan SMKN 2 Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan sektor pendidikan ini tentunya harus dilengkapi dengan sarana-sarana pendukung demi tercapainya keamanan dan kenyamanan publik dan juga para peserta didik di lingkungan-lingkugan sekolah. Salah satu fasilitas pendukungnya adalah ZoSS. ZoSS adalah lokasi di ruas jalan tertentu yang merupakan zona kecepatan berbasis waktu untuk mengatur kecepatan kendaraan di lingkungan sekolah.ZoSS merupakan hasil kebijakan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas dalam suatu ruas jalan area sekolah yang memiliki lalu lintas pejalan kaki anak sekolah yang cukup tinggi. Memahami tentang arti dari adanya marka dan rambu yang terdapat dilokasi Zona Selamat Sekolah (ZoSS).Berdasarkan uraian permasalahan di atas maka diusulkan penelitian dengan judul “ANALISIS KARAKTERISTIK DAN FASILITAS PERLENGKAPAN JALAN DI KAWASAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS : SMP SWASTA DIAKUI ADHYAKSA 2 KUPANG,UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDIRA KUPANG, DAN SMKN 2 KUPANG)” Hasil dari penelitian ini adalah Sangat perlu penerapan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) dan Melengkapi Fasilitas Perlengkapan ZoSS yang belum lengkap dan yang dalam Kondisi Buruk Yakni Rambu-rambu Lalu lintas dan Marka Jalan Pada setiap Lokasi yakni : SMP SWASTA DIAKUI ADHYAKSA 2 KUPANG, UNIKA (MERDEKA) dan SMKN 2 KUPANG. Karena tingkat Kecepatan Rata-rata Kendaraan melebihi kecepatan Maksimum yang sudah di tetapakan dan Para pengguna Zona selamat sekolah (ZoSS) tinggi. Kecepatan Rata- rata pada ke-3 Lokasi pengamatan Yaitu Kendaraan Ringan (LV) : 32.39 Km/Jam – 60.54 Km/Jam untuk pagi hari dan 32,58 Km/jam – 73,96 Km/Jam pada siang hari. Kecepatan Rata – rata pada Motor (MC) : 39,68 Km/Jam – 70,70 Km/Jam pada pagi hari dan 24,40 Km/jam – 65,92 Km/Jam pada siang Hari. Kecepatan Rata – Rata pada Ke-3 Lokasi penelitian melebih kecepatan Maksimum yang Sudah Di Tetapkan Yaitu : 30 Km/Jam. Pada ruas jalan SMP Adhyaksa 2 marka jalan berupa zebra cross dan marka penanda daerah ZoSS dan marka melintang diperlukan perbaikan atau pengecatan baru dengan maksud agar dapat dilihat jelas baik oleh para pengguna jalan, selain itu kelengkapan fasilitas penyeberangan jalan, halte dan beberapa rambu lalu lintas diperlukan pengadaan ulang Pada ruas jalan UNWIRA sendiri seharusnya diperlukan pembuatan marka penanda daerah ZoSS karena daerah tersebut termasuk daerah pada daerah padat akan aktivitas baik mahasiswa maupun siswa. Perbaikan pada jembatan penyebrangan, halte dan rambu-rambu lalulintas sangat perlu dilakukan perbaikan dengan maksud memaksimalkan kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan, selain itu perbaikan zebra cross juga diperlukan untuk kepentingan keamanan pejalan kaki. Pada ruas jalan SMKN 2 Kupang diperlukannya pengecatan ulang untuk marka jalan yang berupa zebra cross, daerah penanda ZoSS dan marka melintang berupa garis utuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sektor Pendidikan, Zona Selamat Sekolah (Zoss), Kecepatan , Penanganan Zoss
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Gualberto Felix Nino
Date Deposited: 04 May 2023 00:54
Last Modified: 04 May 2023 00:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12567

Actions (login required)

View Item View Item