Efek Menonton Program Acara “My Trip My Adventure” Pada Stasiun Televisi Trans TV (Studi Kasus Komunitas Plus Fotografi di Kota Kupang)

HIMU, Valeriannus (2015) Efek Menonton Program Acara “My Trip My Adventure” Pada Stasiun Televisi Trans TV (Studi Kasus Komunitas Plus Fotografi di Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan konsep perubahan perilaku yang terjadi dalam komunitas fotografi di kota kupang, khususnya komunitas Plus Fotografi. Plus Fotografi menjadikan tayangan program acara “My Trip My Adventure” yang disarkan oleh Stasiun Televisi Trans TV mampu memberikan acuan untuk mencari tempattempat terbaik untuk mendapatkan hasil gambar yang memuaskan. Alasan peneliti memilih komunitas Plus Fotografi adalah karena komunitas tersebut kerap kali menggunakan program acara “My Trip My Adventure” sebagai referensi dalam melakukan aktivitas fotografi komunitas. Sebagai sebuah komunitas fotografi, komunitas Plus juga mengadopsi gaya serta teknik pengambilan gambar dari luar, dalam hal ini program acara “My Trip My Adventure”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana efek yang ditimbulkan setelah menonton program acara “My Trip My Adventure” pada stasiun televisi Trans TV bagi komunitas Plus Fotografi di Kota Kupang ?”. mengacu pada rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada komunitas Plus Fotografi di Kota Kupang setelah menonton program acara “My Trip My Adventure” pada Stasiun Televisi Trans TV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dipilih berdasarkan teknik wawancara mendalam yang berjumlah 10 orang yang benar-benar berasal dari komunitas Plus Fotografi di Kota Kupang. Konstruk dalam penelitian ini adalah terdapat dalam tiga komponen komunikasi untuk mengetahui perubahan perilaku dalam anggota komunitas Plus Fotografi di Kota Kupang yaitu kognitif, afektif dan konatif. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa setiap anggota komunitas yang diwawancarai peneliti, mengalami perubahan perilaku yang terjadi dalam komunitas. Perubahan yang terjadi dalam komunitas, terdiri dari kognitif (pengetahuan), setiap informan mempunyai pengetahuan yang berbeda berdasarkan isi pesan media yang dibawakan dalam mengembangkan satu pemikiran yang baru dengan mempunyai tujuan yang sama sperti pencarian ide dan kreativitas baru. Afektif (perasaan), Keindahan suatu alam dapat menggambarkan tingkat ketenangan dalam diri setiap anggota komunitas Plus Fotografi Kota Kupang, sehingga anggota komunitas juga selalu menjaga kelestarian alam sekitar yang ada di Kota Kupang. Konatif (tindakan), dalam aspek konatif ini lebih menekankan komunitas Plus Fotografi untuk melakukan suatu tindakan untuk membangkitkan semangat dan jati diri mereka agar dapat melakukan sesuatu, seperti berada di tengah-tengah masyarakat yang lebih kepada mengamati dan belajar tentang apa yang belum diketahui oleh mereka sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 04 May 2023 02:31
Last Modified: 04 May 2023 02:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12571

Actions (login required)

View Item View Item