Pengaruh Pelatihan, Kepuasan, dan Kompetensi Kerja Terhadap Kualitas Kerja Karyawan Pada KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang

DA SILVA, Pricila Denika D.G (2023) Pengaruh Pelatihan, Kepuasan, dan Kompetensi Kerja Terhadap Kualitas Kerja Karyawan Pada KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)

Abstract

KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang merupakan salah satu koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam. Pada 3 tahun terakhir pencapaian program kerja karyawan belum maksimal dalam menjalankan tugas yang dibebankan oleh organisasi, sehingga program kerja karyawan belum mencapai target dan menyebabkan kualitas kerja karyawan KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang menurun. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran pelatihan, kepuasan, kompetensi kerja dan kualitas kerja pada KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang. 2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh pelatihan, kepuasan dan kompetensi kerja secara parsial terhadap kualitas kerja karyawan pada KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang. 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh pelatihan, kepuasan dan kompetensi kerja secara simultan terhadap kualitas kerja karyawan pada KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang yang berjumlah 31 orang. Karena jumlah sampelnya kecil, maka seluruh populasi dijadikan sampel, jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Alat analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 26. Hasil analisis deskriptif menggambarkan kategori persepsi variabel pelatihan kerja 87,60% dalam kategori sangat baik, variabel kepuasan kerja 62,40% dalam kategori cukup baik, variabel kompetensi kerja 72,00% dalam kategori baik dan kualitas kerja 62,40% dalam kategori cukup baik. Hasil regresi linear berganda menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh positif terhadap kualitas kerja. Jika variabel pelatihan kerja, kepuasan kerja, dan kompetensi kerja naik, maka kualitas kerja juga akan naik. Hasil uji t menunjukkan variabel pelatihan, kepuasan dan kompetensi kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja. Hasil uji F menunjukkan variabel pelatihan, kepuasan dan kompetensi kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja. Hasil koefisien determinasi adalah 0,764 atau 76,4%, artinya variabel kualitas kerja, merupakan kontribusi dari variabel pelatihan, kepuasan dan kompetensi, sedangkan sisanya 23,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang hendaknya lebih jeli lagi dalam memilih instruktur/pelatih, meningkatkan moral kerja positif karyawan, perlu memperbaiki keterampilan kerja karyawan, sehingga kualitas kerja karyawan yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Kepuasan, Kompetensi Kerja dan Kualitas Kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S. M Pricila Denika Dua Goleng Da Silva
Date Deposited: 16 May 2023 01:45
Last Modified: 20 Mar 2024 00:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12586

Actions (login required)

View Item View Item