Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada PT. Semen Baturaja, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2021

SEUK, Maria Yeni (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada PT. Semen Baturaja, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (413kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian untuk melihat laporan posisi keuangan pada tahun 2014 sampai 2021 pada PT. Semen Baturaja Tbk. Oleh karena itu pentingnya untuk melakukan pengkajian ilimiah bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan dari berbagai aspek kinerja dengan memperhitungkan faktor yang memengaruhi kinerja keuangan yang dalam perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Struktur Modal (DER), ukuran perusahaan dan struktur aktiva. Sedangkan yang merupakan variabel independen dan rasio kinerja keuangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni Return On Assets merupakan variabel dependen. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui: pertama signifikansi pengaruh struktur modal terhadap Kinerja Keuangan (Return on Asset) Pada PT. Semen Baturaja Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesi , kedua signifikansi pengaruh ukuran perusahaan terhadap Kinerja Keuangan (Return on Asset) Pada PT. Semen Baturaja Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, ketiga signifikansi pengaruh struktur aktiva terhadap Kinerja Keuangan (Return on Asset )Pada PT. Semen BaturajaTbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, keempat signifikansi pengaruh struktur modal (DER), ukuran perusahaan dan struktur aktiva terhadap Kinerja Keuangan (Return on Asset )Pada PT. Semen Baturaja Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Metode analisisi yang digunakan adalah metode statistik dan diolah menggunakan SPSS. Hasil analisis data diperoleh dari kesimpulan bahwa uji t parsial struktur modal (X1) menunjukkan nilai t hitung sebesar -0,820 dengan nilai signifikansi sebesar 0,419 lebih besar dari 0.05 (5%); ukuran perusahaan (X2) menunjukkan nilai t hitung sebesar -0,471 dengan nilai signifikansi sebesar 0,641 lebih besar yaitu 0,05 (5%), maka kedua variabel tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (Return on Asset) Sedangkan variabel struktur aktiva (X3) menunjukan nilai t hitung sebesar 0,127 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009 lebih kecil dari 0.05 (5%). Maka keputusan yang diambil struktur aktiva berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan (Return on Asset) Hasil uji simultan struktur modal, ukuran perusahaan, struktur aktiva dimana signifikansi 0.033 lebih kecil 0.05. dari kesimpulan hasil analisis penelitian ini maka saran yang diberikan yaitu PT Semen Baturaja, Tbk meningkatkan profitabilitas, sehingga perusahaan akan mendapatkan laba atau keuntungan yang maksimal. Memperbesar modal sendiri dan memperkecil utang merupakan perbandingan struktur modal yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Kinerja Keuangan (Return on Asset)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S. M MARIA YENI SEUK
Date Deposited: 20 Jun 2023 00:28
Last Modified: 20 Jun 2023 00:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item