Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Poto Bo’o Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Wolotopo Kecamatan Ndona Kabupaten Ende

UMA, Enjelina (2023) Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Poto Bo’o Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Wolotopo Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Poto Bo’o Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Wolotopo Kecamatan Ndona Kabupaten Ende” dengan tujuan menggambarkan bagaimana manajemen BUMDes Poto Bo’o dan faktor yang mempengaruhi manajemen BUMDes Poto Bo’o dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wolotopo Kecamatan Ndona Kabupaten Ende dengan informan berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam manajemen organisasi pembentukan BUMDes Poto Bo’o sudah dilakukan sesuai prosedur yaitu dipilih melalui musyawarah desa dengan SK kepengurusan dari aparat desa dan diawasi langsung oleh tim pengawas, unit usaha yang didirikan BUMDes Poto Bo’o belum berdasarkan potensi yang dimiliki desa melainkan BUMDes mendirikan usaha dagang yang bekerja sama dengan toko dan CV, dalam pelaksanaan BUMDes Poto Bo’o mulai dari rencana awal maupun dalam operasionalnya sudah berjalan baik dan terstruktur meskipun belum mewujudkan cita-cita awal BUMDes dalam hal pengembangan dan pemberdayaan potensi desa. Sedangkan faktor yang mempengaruhi keberhasilan manajemen BUMDes yaitu faktor lingkungan yang terdiri dari direktur, pengurus, penyedia, pelanggan, pesaing, pemerintah dan juga masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen dan Peningkatan Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Enjelina Uma
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:21
Last Modified: 21 Jul 2023 02:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12784

Actions (login required)

View Item View Item