Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

RAMADHANI, Vira Shara (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Vira Shara Ramadhani (31119105) Program Studi Ekonomi Pembangunan dengan dibawah bimbingan, Pembimbing I Bapak Daniel Taolin,SE.,M.Si dan Pembimbing II Bapak Adrianus Ketmoen,SE.,MM dengan judul “Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan E-commerce shopee terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis universitas katolik widya mandira kupang”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1) Untuk Mengetahui Gambaran penggunaan e-commerce Shopee. 2) Untuk Mengetahui kualitas pelayanan, harga, ketetapan waktu pengiriman terhadap kepuasan e-commerce Shopee secara simultan. 3) Untuk Mengetahui kualitas pelayanan, harga, ketetapan waktu pengiriman terhadap kepuasan e-commerce Shopee secara parsial. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif karena dalam pelaksanaannya meliputi data, analisis dan interpretasi tentang arti data yang diperoleh, sumber data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan daftar pernyataan (kuesioner) dengan tingkat signifikan 5%. Terdapat 96 sampel dalam penelitian ini kemudian di olah dengan menggunakan SPSS 21 dan di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan empat uji yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan konsumen e-commerce shopee pada mahasiswa FEB Unwira kupang terbanyak adalah program studi akuntansi sebanyak 43 orang dan terendah adalah program studi manajemen sebanyak 21 orang dengan jumlah uang saku paling tinggi adalah Rp 500.000-1.000.000. Artinya sudah banyak mahasiswa yang menggunakan shopee sebagai tempat dimana untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan berbagai tawaran atau harga yang dilihat dalam e-commerce shopee membuat konsumen memilih barang yang mereka inginkan sesuai dengan harga yang ada dan juga karena ketepatan waktu pengiriman yang telah dijanjikan sesuai dengan harapan konsumen maka, membuat para konsumen semakin puas dengan pelayanan yang diberikan oleh e-commerce kepada konsumen. Kualitas pelayanan, harga, ketepatan waktu pengiriman secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis universitas katolik widya mandira kupang. Secara parsial Variabel Kualitas Pelayanan (X1) memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,336 > 1,662) dan taraf signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,01 < 0,05). Variabel Harga (X2) memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel (-1,413 > 1,662) dan taraf signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,161 < 0,05). Variabel Ketepatan Waktu Pengiriman (X3) memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,137 > 1,662) dan taraf signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,035 < 0,05). Ini menunjukan bahwa dari ke tiga variabel terdapat satu variabel yang tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel Harga. Dengan analisis tersebut disarankan bahwa bagi konsumen e-commerce shopee dikalangan mahasiswa bisa mengambil peluang untuk membuka usaha dengan cara menjual barang untuk meningkatkan pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Ketepatan Waktu Pengiriman, dan Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Vira shara ramadhani
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:26
Last Modified: 27 Jul 2023 01:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12858

Actions (login required)

View Item View Item