Pelatihan Vokal Dengan Teknik Artikulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Pada Para Novis Biara Angelic Sisters Of St. Paul Komunitas Oebobo Kota Kupang

RONDY, Selviana Muda (2023) Pelatihan Vokal Dengan Teknik Artikulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Pada Para Novis Biara Angelic Sisters Of St. Paul Komunitas Oebobo Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknik artikulasi adalah pengucapan bunyi bahasa yang polanya sesuai standar se-hingga dapat dipahami oleh orang lain, contohnya dalam mengucapkan huruf vokal misalnya ma harus diucapkan dengan jelas-jelas ma, bukan menjadi me atau moa, tu harus diucapkan jelas tu, bukan menjadi te atau teu, mo harus jelas mo, bukan mu atau me dan pola-pola bunyi lainnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti kepada para novis ( calon biarawati yang berada pada tahap persiapan untuk mengikrarkan kaul kebiaraan) biara Angelic Sisters of st. Paul yang kurang menguasai teknik vokal artikulasi dengan baik, sehingga ketika bernyanyi, mereka cenderung kurang memperhatikan cara pengucapan syair lagu dengan benar. Mereka hanya sekedar bernyanyi tanpa memperhatikan teknik vokal yang benar, sehingga suara yang dihasilkan kurang merdu dan kurang enak didengar. Dari latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pelatihan vokal dengan teknik artikulasi pada para Novis biara Angelic Sis-ters of st. Paul. 2) Mengapa teknik artikulasi sangat penting dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi para Novis biara Angelic sisters of st. Paul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan teknik vokal artiku-lasi kepada para novis biara Angelic Sisters of St. Paul komunitas Oebobo kota Kupang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data yang kemudian disusun dan disajikan dalam bentuk skripsi. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian lapangan dimana peneliti turun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dengan subyek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik ob-servasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang digunakan ada-lah metode drill dan solfeggio. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan vokal dengan teknik artikulasi pada para novis biara Angelic Sisters of st. Paul komuni-tas Oebobo Kota Kupang dilaksanakan selama delapan kali pertemuan dengan me-lalui tiga tahapan latihan yakni tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan vokal dengan teknik artikulasi pada para Novis biara Angelic Sisters of st.Paul komunitas Oebobo sudah mem-bawa hasil yang baik dengan adanya peningkatan kemampuan bernyanyi dari para novis,meskipun belum sempurna,tetapi ada peningkatan dari sebelumnya dalam hal pengucapan artikulasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: teknik vokal, artikulasi, novis biara Angelic Sisters of St. Paul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Selviana Muda Rondi
Date Deposited: 14 Aug 2023 23:52
Last Modified: 14 Aug 2023 23:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item View Item