Keterampilan Bermain Ansambel Pianika Dalam Lagu So Inang So Amang Pada Siswa-Siswi Kelas XI Sebagai Pemula Di SMA Negeri 1 Kuwus Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat

ASUL, Emilia (2023) Keterampilan Bermain Ansambel Pianika Dalam Lagu So Inang So Amang Pada Siswa-Siswi Kelas XI Sebagai Pemula Di SMA Negeri 1 Kuwus Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)

Abstract

Ansambel sejenis merupakan permainan musik secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis instrumen saja. SMA Negeri 1 Kuwus adalah salah satu sekolah dimana dalam lingkungan ini sudah mengenal tentang alat musik pianika dan telah menyediakan alat musik pianika. Akan tetapi di sekolah ini alat musik pianika belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran baik itu secara teori maupun praktek. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan siswa terhadap pembelajaran ansambel sejenis, karena belum pernah diajarkan disekolah baik secara teori maupun praktek. Dengan masalah tersebut, maka yang menjadi tujuannya ialah 1) untuk meningkatkan keterampilan bermain ansambel pianika pada siswa-siswi di SMA Negeri 1 Kuwus dalam lagu So Inang So Amang. 2) Untuk mengetahui bagaimana kekompakan dan balace dalam penyajian keterampilan permainan ansambel pianika dan diterapkan dalam lagu So Inang So Amang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan lapangan dengan pendekatan kualitatif, karena data yang didapatkan akan dianalisis selanjutnya disajikan dalam bentuk skripsi sebagai bentuk laporan akhir. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari enam orang siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kuwus, dengan alasan siswa memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bermain pianika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap penelitian dilaksanakan dalam waktu sembilan kali pertemuan melalui tiga tahap yakni tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Hasil penelitian menyatakan bahwa keterampilan bermain musik ansambel pianika dengan model lagu So Inang So Amang menggunakan metode imitasi dan drill pada siswa-siswi kelas XI sebagai pemula di SMA Negeri 1 Kuwus, sudah baik meskipun belum terlalu sempurna karena para siswa dapat mengerti dan memahami permainan ansambel musik ini adalah permainan musik yang dimainkan secara berkelompok dimana masing-masing kelompok mempunyai tugasnya masing-masing untuk memainkan alat musik pianika sesuai dengan partitur yang telah disediakan dan dimainkan secara bersama-sama. Keterampilan bermain ansambel pianika menggunakan metode imitasi dan drill merupakan metode yang tepat karena dengan metode latihan meniru dan latihan berulang-ulang dapat mengetahui perkembangan siswa secara terperinci. Ini sesuatu yang sangat baik bagi mereka yang baru pertama kali mengenal dan memainkan alat musik pianika terutama dalam bentuk ansambel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pianika, Ansambel Sejenis, Keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd EMILIA ASUL
Date Deposited: 14 Aug 2023 23:57
Last Modified: 14 Aug 2023 23:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13075

Actions (login required)

View Item View Item