Implementasi Teknologi Digital Font Parnumation 3.0 Pada Penulisan Not Angka Dalam Partitur Paduan Suara Bagi Mahasiswa Semester II, Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira

DANDO, Maria Veronika Tresnandonia (2023) Implementasi Teknologi Digital Font Parnumation 3.0 Pada Penulisan Not Angka Dalam Partitur Paduan Suara Bagi Mahasiswa Semester II, Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)

Abstract

Font Parnumation 3.0 merupakan salah satu bentuk media teknologi digital yang bisa digunakan untuk penulisan notasi angka. Font Parnumation 3.0 ini juga dapat digunakan oleh banyak kalangan mulai dari para musikus, guru, dosen, pelajar, maupun masyarakat umum. Dalam kenyataannya, banyak mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Musik, Universitas Katolik Widya Mandira belum mengetahui bahwa font ini bisa menjadi salah satu media dalam penulisan not angka. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan dalam menerapkan font Parnumation 3.0 pada penulisan not angka dalam partitur paduan suara bagi mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Musik, Unwira. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan font Parnumation 3.0 tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan lapangan dan data-data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang peneliti gunakan adalah metode drill & imitasi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Musik berjumlah 11 orang. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan, yaitu tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan font Parnumation 3.0 mudah digunakan oleh mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Musik Unwira dan efektif sebagai media pada penulisan not angka dalam pengetikan partitur paduan suara. Hal ini dibuktikan dengan subjek penelitian mampu melakukan pengetikan partitur paduan suara secara mandiri tanpa perlu bantuan tambahan dari peneliti. Subjek penelitian juga melakukan pengetikan partitur lagu Bagimu Negeri, Yang Makan Tubuhku dan Minum Darahku dan lagu Beta Jatuh Hati deng Unwira dengan hasil yang sangat baik, rapi dan sesuai dengan partitur aslinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Font Parnumation 3.0, digital, partitur, notasi angka, metode imitasi, metode drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Maria Veronika Tresnandonia Dando
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:46
Last Modified: 21 Aug 2023 23:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13197

Actions (login required)

View Item View Item