Pembelajaran Membaca Solmisasi Bagi Siswa-Siswi Kelas VII SMP Negeri 1 Amfoang Utara Kecamatan Amfoang Utara Kabupaten Kupang

NAINEL, Windy Yofiana (2023) Pembelajaran Membaca Solmisasi Bagi Siswa-Siswi Kelas VII SMP Negeri 1 Amfoang Utara Kecamatan Amfoang Utara Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Bab ll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (436kB)

Abstract

SMP Negeri 1 Amfoang Utara adalah salah satu sekolah menengah pertama yang menerapkan pembelajaran seni musik dalam pembelajaran seni budaya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh penulis, disekolah SMP Negeri 1 Amfoang Utara menunjukan ahwa pembelajaran seni budaya khususnya seni musik dalam pembelajaran solmisasi, masih sangat minim atau kurang efektive, seperti latihan lagu-lagu yang dilakukan dengan metode imitasi tanpa mengajari cara membaca solmisasi. Sehingga siswa-siswi menimbulkan masalah yaitu, siswa-siswi tidak mampu bernyanyi solmisasi secara langsung, tetapi siswa-siswi mampu meniru gurunya bernyanyi lirik dari lagu tersebut secara langsung. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk memperkenalkan, meningkatkan kemampuan solmisasi siswa-siswi. Metode penelitian tindakan lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyak dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII sebanyak 8 (delapan) orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap penilitian dilakukan dalam 3 (tiga) tahap yaitu tahap awal, melakukan perekrutan siswa-siswi yang akan dijadikan sebagai subyek penelitian dan menentukan jadwal latihan, tahap inti menjelaskan pengertian membaca solmisasi dengan menggunakan etude yang telah peneliti siapkan dan tahap akhir siswa-siswi menampilkan latihan solmisasi dengan lagu Inang Nona, dan dikakukan dokumentasi dengan berupa pengambilan vidio sebagai hasil akhir dari penelitian. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran solmisasi terdapat banyak kesulitan yang dialami subyek penelitian yaitu belum menghafal atau belum paham setiap ketukan yang ada pada etude yang telah disiapkan. Subyek penelitian juga kurang dalam mengatur pernapasan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca solmisasi dalam lagu Inang Nona berhasil, sehingga mendapatkan hasil yang cukup baik dalam hal ini suda ada kemajuan atau peningkatan siswa-siswi dalam membaca solmisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Solmisasi, Imitasi, drill, siswa-siswi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Windy Yofiana Nainel
Date Deposited: 27 Aug 2023 05:13
Last Modified: 27 Aug 2023 05:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item View Item