Pembelajaran Membaca Solmisasi Dalam Lagu “ Kita Masuk Rumahnya” Pada Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Amfoang Barat Daya

KUANABEN, Ceriana (2023) Pembelajaran Membaca Solmisasi Dalam Lagu “ Kita Masuk Rumahnya” Pada Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Amfoang Barat Daya. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (449kB)

Abstract

Solmisasi sebagai dasar dalam sebuah nyanyian atau lagu. Untuk menyanyikan sebuah lagu secara baik dan benar maka terlebih dahulu membaca solmisasi dari lagu tersebut. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah di Smp negeri 2 satap amfoang barat daya, pembelajaran musik belum efektif seperti latihan lagu – lagu nasional dilakukan dengan guru bernyanyi langsung kata-kata sebuah lagu tanpa mengajari cara membaca notasi sehingga menimbulkan masalah yakni siswa-siswi hanya mampu meniru gurunya bernyanyi langsung pada kata-kata sebuah lagu tanpa membaca notasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran melalui metode drill dan mengetahui penerapan pembelajaran membaca solmisasi melalui metode solfeggio dan drill. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tindakan lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII sebanyak sepuluh orang, yang terdiri dari lima siswa dan lima siswi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap awal melakukan perekrutan siswa-siswi dan menentukan jadwal latihan, tahap inti menjelaskan pengertian solmisasi dan latihan membaca solmisasi tangga nada natural, dan tahap akhir siswa-siswi mementaskan lagu kita masuk rumahnya dan didokumentasikan sebagai hasil akhir penelitian. Hasil dalam penelitian ini, sebagian peserta belum tepat membaca not angka sesuai indikator. Saat membaca notasi sebagian siswa yang mengucapkan solmisasi tidak sesuai dengan lambang not. Terdapat beberapa iswa-siswi belum tepat menempatkan ketinggian nada re, fa, la. Siswa-siswi juga belum mampu membaca not sesuai tinggi rendahnya nada pada pitch. Kemudian siswa-siswi belum tepat membunyikan nada sesuai nilai not. Sebagian siswa-siswi juga membaca solmisasi dengan tempo yang belum stabil dan peserta juga bernyanyi dengan artikulasi belum baik sehingga saat mementaskan lagu yang disiapkan peneliti terdengar masih cempreng. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa proses pembelajaran membaca solmisasi melalui metode drill menunjukan perubahan dalam peserta didik dalam membaca solmisasi dan dengan adanya penerapan metode solfeggio dan drill Sebagian peserta mampu membidik nada cukup tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Solmisasi, Artikulasi, Pitch, Tempo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Ceriana Kuanaben
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:12
Last Modified: 28 Aug 2023 00:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13278

Actions (login required)

View Item View Item