Pembelajaran Ansambel Keyboard Dengan Model Lagu “Santo Yoseph Yang Menjaga” Pada Siswa Minat Musik Di SMPK Santo Yosep Naikoten

BHOKO, Marianus Oktavianus (2023) Pembelajaran Ansambel Keyboard Dengan Model Lagu “Santo Yoseph Yang Menjaga” Pada Siswa Minat Musik Di SMPK Santo Yosep Naikoten. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (989kB)

Abstract

Ansambel keyboard adalah sejumlah orang yang bermain keyboard dalam suatu grup musik. Dalam ansambel ini, keyboard menjadi salah satu instrumen utama yang memberikan harmoni, melodi, dan berbagai efek suara lainnya. Setiap anggota grup berinteraksi dalam bermusik secara kompak dan seimbang sehingga menghasilkan suara musik yang harmonis. Kekompakan dan keseimbangan (balance) dalam bermusik ansambel keyboard ini belum dikuasai oleh siswa minat musik di SMPK St. Yoseph Naikoten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana membelajarkan ansambel keyboard yang kompak dan seimbang melalui metode drill dengan model lagu “Santo Yoseph Yang Menjaga” pada Siswa Minat Musik di SMPK St. Yoseph Naikoten? Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan langkah-langkah yang efektif dalam membelajarkan ansambel keyboard yang kompak dan seimbang melalui metode drill dengan model lagu “Santo Yoseph Yang Menjaga” pada Siswa Minat Musik di SMPK St. Yoseph Naikoten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitiannya tindakan kelas. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ansambel keyboard dengan model lagu “Santo Yoseph Yang Menjaga” pada Siswa Minat Musik SMPK St. Yoseph Naikoten efektif dilakukan melalui langkah persiapan dan latihan secara berulang selama 8 kali pertemuan serta evaluasi secara bertahap untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan sampai mampu bermain ansambel keyboard dengan kompak, seimbang, dan harmonis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ansambel, siswa-siswi, keyboard, lagu santo yoseph yang menjaga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Marianus Oktavianus Bhoko
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:28
Last Modified: 28 Aug 2023 00:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13283

Actions (login required)

View Item View Item