Penerapan Teknik Artikulasi Bernyanyi Uniono Dalam Lagu Sanctus Misa St. Yoseph Pada OMK Kelompok Umat Basis St.Fransiskus Bolmeo Paroki St. Gregorius Agung oeleta Kupang

RENGGO, Karolus (2023) Penerapan Teknik Artikulasi Bernyanyi Uniono Dalam Lagu Sanctus Misa St. Yoseph Pada OMK Kelompok Umat Basis St.Fransiskus Bolmeo Paroki St. Gregorius Agung oeleta Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (249kB)

Abstract

Paduan Suara merupakan bagian dari musik, dalam hal ini vokal. Dalam kehidupan bermasyarakat paduan suara menjadi hal yang tidak terpisahkan. Banyak kegiatan yang dilakukan salah satunya menyanyikan lagu Gregorian. Dalam komunitas Orang Muda Katolik KUB. St. Fransiskus Bolmeo memiliki kendala dalam menyanyikan lagu-lagu gregorian yakni berkaitan dengan teknik artikulasi dalam bernyanyi. Adapun rumusan masalah yang dibuat oleh peneliti adalah Bagaimana proses penerapan dan cara penyajian teknik artikulasi bernyanyi unisono dalam lagu Sanctus Misa St. Joseph. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan dan mengetahui teknik artukulasi bernyanyi unisono dalam lagu Sanctus Misa St. Joseph bagi OMK KUB. St. Fransiskus Bolmeo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode pembelajaran imitasi dan drill selama delapan kali pertemuan, dapat memberikan hasil belajar yang cukup efektif. Dalam proses penelitian ini subyek penelitian dilatih secara berulang-ulang dan meniru dangan memperhatikan contoh yang diberikan peneliti. Pada awal pertemuan peneliti memberikan penjelasan tentang bernyanyi dengan teknik artikulasi yang tepat, kemudian dilanjutkan dengan etude-etude, menotasikan lagu Sanctus Misa St. Joseph, melafalkan lirik lagu Sanctus Misa St. Joseph sampai pada pementasan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan dalam pembelajaran cara menyanyikan lagu Gregorian menggunakan teknik artikulasi yang tepat walaupun ada kesulitan tetapi hal tersebut diatasi dengan menggunakan metode imitasi dan drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gregorian, Sanctus Misa St. Joseph, artikulasi, imitasi dan drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Karolus Renggo
Date Deposited: 28 Aug 2023 23:49
Last Modified: 28 Aug 2023 23:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

View Item View Item