Keterampilan Bermain Alat Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Aku Retang Bao Pada Siswa Siswi Kelas VIII SMPK Ndoso Manggarai Barat

ALDIN, Yovansius (2023) Keterampilan Bermain Alat Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Aku Retang Bao Pada Siswa Siswi Kelas VIII SMPK Ndoso Manggarai Barat. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (446kB)

Abstract

Musik ansambel sejenis adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat musik sejenis. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana Metode Meningkatkan Keterampilan Bermain Alat Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Aku Retang Bao Pada Siswa Siswi Kelas Vlll SMP Kemasyarakatan Ndoso Manggarai Barat. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Alat Musik Ansambel Pianika Melalui Metode Imitasi dan Drill. Penelitian ini bersifat kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran ansambel sejenis pianika dilakukan melalui 3 tahap yakni, tahap awal perekrutan anggota pemain pianika dan penentuan jadwal latihan. Tahap inti, memberikan informasi mengenai ansambel, makna dari lagu yang dipakai, pembagian peran musikal, menjelaskan mengenai teknik penjarian dalam memainkan pianika dilanjutkan latihan etude, berikutnya peserta dibimbing memainkan lagu bagian demi bagian yang didahului contoh oleh peneliti kemudian ditiru oleh siswa-siswi secara berulang-ulang sampai mereka mampu memainkan bagian demi bagian tersebut dengan baik. Berikutnya tahap akhir dari penelitian ini yaitu siswa-siswi mempresentasikan permainan pianika dalam bentuk ansambel. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Keterampilan Bermain Alat Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Aku Retang Bao Pada Siswa Siswi Kelas Vlll SMP Kemasyarakatan Ndoso Manggarai Barat sudah berhasil walaupun belum sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pianika, Ansambel Pianika, Metode Imitasi, Metode Drill
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Yovansius Aldin
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:34
Last Modified: 29 Aug 2023 03:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13351

Actions (login required)

View Item View Item